Sukses

Hari Lahir Pancasila, Satgas Ingatkan Semangat Persatuan Jadi Kunci Penanganan COVID-19

Satgas mengatakan bahwa semangat persatuan yang ada dalam Pancasila merupakan kunci keberhasilan dalam penanganan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Di peringatan Hari Lahir Pancasila, Satgas COVID-19 mengingatkan bahwa persatuan merupakan kunci keberhasilan dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Juru Bicara dan Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi persnya pada Selasa (1/6/2021).

"Semoga pada Hari Lahir Pancasila ini, kita semua dapat menginternalisasi kembali nilai-nilai Pancasila, yang salah satunya adalah semangat persatuan," kata Wiku.

Menurut Wiku semangat persatuan harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk juga dalam upaya pengendalian COVID-19.

"Semangat persatuan ini merupakan kunci utama kolaborasi pemerintah dan masyarakat dalam upaya penanganan COVID-19, sehingga nantinya pandemi ini bisa segera hilang dari Tanah Air," kata Wiku.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perluasan dan Pendalaman Pancasila

Sementara itu, dalam arahannya di upacara Hari Kelahiran Pancasila secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat pagi tadi, Presiden Joko Widodo meminta agar semua pihak melakukan perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila.

Dikutip dari Merdeka.com, Jokowi mengatakan bahwa diperlukan cara-cara baru dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0.

"Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0 dan sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesiaan," katanya.

Jokowi pun berharap seluruh pihak bersatu dan aktif dalam memperkokoh nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut kata dia untuk mewujudkan Indonesia yang maju.

"Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia yang maju yang kita cita-citakan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.