Menteri PPPA: Kesetaraan Gender di Tempat Kerja Penting untuk Diperjuangkan

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 31 Mei 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 31 Mei 2021, 10:00 WIB
[Fimela] ilustrasi kesetaraan gender di perusahaan
Perbesar
ilustrasi kesetaraan gender di perusahaan| pexels.com/@rebrand-cities-581004

Liputan6.com, Jakarta Kesetaraan gender menjadi sesuatu yang perlu diterapkan dalam berbagai bidang termasuk di dunia kerja.

Maka dari itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengapresiasi perusahaan di Indonesia yang telah berkomitmen dan memiliki praktik baik dalam memberikan penguatan kapasitas, membuat kebijakan, mengatasi isu ketenagakerjaan perempuan, dan memfasilitasi keterwakilan perempuan sebagai pimpinan di perusahaan.

“Komitmen para pimpinan perusahaan untuk memberikan tempat yang setara bagi perempuan menjadi hal yang penting untuk diperjuangkan. Hal ini tentunya harus kita wujudkan bersama-sama, tidak hanya lintas sektor dalam negeri, tetapi juga secara internasional,” kata Bintang mengutip keterangan pers, Sabtu (12/5/2021).

Oleh karenanya, lanjut Bintang, G20 Empower menjadi wadah yang sangat strategis untuk dapat menyatukan kekuatan internasional demi memajukan perempuan dunia, khususnya dalam ekonomi, kepemimpinan, dan sektor publik.

G20 Empower merupakan aliansi yang menyatukan para pemimpin sektor swasta dan mitra pemerintah untuk bersama-sama mengadvokasi dan memberlakukan kemajuan perempuan ke posisi kepemimpinan di sektor swasta.

“Saya juga mengapresiasi komitmen para pimpinan perusahaan yang tergabung dalam G20 Empower Indonesia terkait isu-isu tenaga kerja perempuan, terutama pada komitmen dan sinergi untuk mewujudkan program-program KemenPPPA.”

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Program Prioritas KemenPPPA

Bintang juga menyinggung bahwa KemenPPPA mempunyai program-program prioritas berdasarkan arahan Presiden, salah satunya adalah kewirausahaan berperspektif gender yang fokus pada keluarga pra sejahtera, perempuan kepala keluarga dan perempuan penyintas kekerasan.

“Banyak hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan perempuan berdaya. Mudah-mudahan praktik baik yang sudah dilakukan perusahaan yang sudah ramah perempuan bisa dilaksanakan di perusahaan lainnya.”

“Komitmen yang disampaikan oleh perusahaan menjadi kekuatan kita untuk mewujudkan perempuan berdaya dan Indonesia maju,” kata Bintang.

KemenPPPA sebagai salah satu focal point G20 Empowerment Indonesia pada Jumat 28 Mei 2021 menyelenggarakan Seniors Leaders’ Meeting on Women Empowerment guna menyatukan komitmen untuk mewujudkan pemberdayaan perempuan.

Dalam acara tersebut Bintang menyampaikan agar pertemuan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkala dalam lingkup yang lebih kecil agar lebih intens membahas terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis PNS Bekerja dari Rumah Bakal Efektif?

Infografis PNS Bekerja dari Rumah Bakal Efektif?
Perbesar
Infografis PNS Bekerja dari Rumah Bakal Efektif? (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓