Sukses

Menteri PPPA: Kesetaraan Gender di Tempat Kerja Penting untuk Diperjuangkan

Kesetaraan gender menjadi sesuatu yang perlu diterapkan dalam berbagai bidang termasuk di dunia kerja.

Liputan6.com, Jakarta Kesetaraan gender menjadi sesuatu yang perlu diterapkan dalam berbagai bidang termasuk di dunia kerja.

Maka dari itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengapresiasi perusahaan di Indonesia yang telah berkomitmen dan memiliki praktik baik dalam memberikan penguatan kapasitas, membuat kebijakan, mengatasi isu ketenagakerjaan perempuan, dan memfasilitasi keterwakilan perempuan sebagai pimpinan di perusahaan.

“Komitmen para pimpinan perusahaan untuk memberikan tempat yang setara bagi perempuan menjadi hal yang penting untuk diperjuangkan. Hal ini tentunya harus kita wujudkan bersama-sama, tidak hanya lintas sektor dalam negeri, tetapi juga secara internasional,” kata Bintang mengutip keterangan pers, Sabtu (12/5/2021).

Oleh karenanya, lanjut Bintang, G20 Empower menjadi wadah yang sangat strategis untuk dapat menyatukan kekuatan internasional demi memajukan perempuan dunia, khususnya dalam ekonomi, kepemimpinan, dan sektor publik.

G20 Empower merupakan aliansi yang menyatukan para pemimpin sektor swasta dan mitra pemerintah untuk bersama-sama mengadvokasi dan memberlakukan kemajuan perempuan ke posisi kepemimpinan di sektor swasta.

“Saya juga mengapresiasi komitmen para pimpinan perusahaan yang tergabung dalam G20 Empower Indonesia terkait isu-isu tenaga kerja perempuan, terutama pada komitmen dan sinergi untuk mewujudkan program-program KemenPPPA.”

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Prioritas KemenPPPA

Bintang juga menyinggung bahwa KemenPPPA mempunyai program-program prioritas berdasarkan arahan Presiden, salah satunya adalah kewirausahaan berperspektif gender yang fokus pada keluarga pra sejahtera, perempuan kepala keluarga dan perempuan penyintas kekerasan.

“Banyak hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan perempuan berdaya. Mudah-mudahan praktik baik yang sudah dilakukan perusahaan yang sudah ramah perempuan bisa dilaksanakan di perusahaan lainnya.”

“Komitmen yang disampaikan oleh perusahaan menjadi kekuatan kita untuk mewujudkan perempuan berdaya dan Indonesia maju,” kata Bintang.

KemenPPPA sebagai salah satu focal point G20 Empowerment Indonesia pada Jumat 28 Mei 2021 menyelenggarakan Seniors Leaders’ Meeting on Women Empowerment guna menyatukan komitmen untuk mewujudkan pemberdayaan perempuan.

Dalam acara tersebut Bintang menyampaikan agar pertemuan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkala dalam lingkup yang lebih kecil agar lebih intens membahas terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

 

3 dari 3 halaman

Infografis PNS Bekerja dari Rumah Bakal Efektif?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.