Sukses

28 Mei Diperingati Sebagai Hari Kebersihan Menstruasi, Ini Alasannya

Ada alasan kenapa Hari Kebersihan Menstruasi diperingati hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak 2014, setiap 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi. Ada alasan dibalik peringatan tersebut dilakukan pada tanggal 28 di bulan kelima setiap tahunnya.

Pemilihan tanggal tersebut tentu terkait dengan menstruasi pastinya. Rata-rata periode menstruasi wanita berlangsung 28 hari sekali. Lalu, mengenai bulan 5, hal itu mengacu pada rata-rata saat menstruasi berlangsung sekitar 5 hari seperti mengutip laman resmi menstrualhygieneday.org.

Awalnya, Hari Kebersihan Menstruasi diperingati oleh organisasi non profit asal Jerman, Wash Hand pada 2013. Setahun kemudian, banyak negara turut serta memperingati Hari Kebersihan Menstruasi sebagai langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta mengubah pandangan yang buruk akan menstruasi.

Tidak sedikit remaja perempuan dan wanita muda yang belum memahami dengan benar cara menjaga kebersihan area kewanitaaan saat menstruasi. Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dwiana Ocviyanti mengatakan berdasarkan data-data yang ada kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan selama menstruasi masih rendah. Salah satunya adalah dari 3 anak perempuan mengganti pembalut 4-12 jam.

Padahal, saat menstruasi paling lama mengenakan pembalut adalah 4 jam. Bila volume darah haid sedang tinggi bisa lebih cepat dari itu.

"Ganti setiap 3-4 jam sekali. Kalau sudah merasa penuh enggak harus tunggu 3 jam, ganti sesegera mungkin," kata Ovi dalam peringatan Hari Kebersihan Menstruasi bertajuk Sehat dan Bersih Saat Menstruasi yang didukung oleh Mundhipharma Indonesia.

 

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiko Penyakit

Bila tidak menjaga kebersihan area kewanitaan selama menstruasi bisa menyebabkan infeksi vagina ditandai dengan gartal dan keputihan. Ingat, infeksi vagina yang berulang berhubungan dengan peningkatan risiko infeksi HPV dan komplikasi persalinan seperti disampaikan Ovi.

Selain itu, kebersihan area intim yang tidak dijaga dengan baik saatmenstruasi juga bisa menyebabkan infeksi saluran reproduksi wanita akiba jamir Candida albicans. Bisa juga terjadi infeksi saluran kemih.

Maka dari itu Ovi berpesan untuk mencuci tangan sebelum mengganti pemablu dan ganti pembalut paling lama 4 jam sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.