Sukses

Cara Menyeduh Kopi yang Menyehatkan Tubuh

Gunakan filter saat menyeduh kopi, studi ungkap manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa terdapat cara paling sehat menyeduh kopi. Rupanya, menyeduh kopi menggunakan penyaring merupakan cara paling aman.

Dilansir dai Medical Xpress, penelitian ini mempelajari mengenai cara menyeduh kopi dengan risiko penyakit jantung dan kematian. Penelitian ini telah dipublikasikan pada European Journal of Preventive Cardiologys.

"Hasil penelitian kami memberi bukti yang kuat dan meyakinkan mengenai hubungan antara cara menyeduh kopi, serangan jantung, serta panjang umur," terang Professor Dag S. Thelle dari University of Gothenburg, Swedia.

"Kopi tanpa filter memiliki kandungan yang meningkatkan kolesterol darah. Menggunakan filter bisa menghilangkan hal ini serta membuat risiko serangan jantung dan kematian prematur menurun," sambungnya.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Sehat

Secara umum, diketahui bahwa konsumsi kopi bukan merupakan kebiasaan berbahaya. Faktanya, mengonsumsi kopi yang disaring lebih aman dibanding tidak mengonsumsinya sama sekali.

Dibanding pada seseorang yang tak mengonsumsi kopi, seduhan menggunakan filter bisa menurunkan risiko kematian hingga 15 persen. Tingkat kematian terendah dimiliki oleh mereka yang mengonsumsi 1 hingga 4 cangkir kopi yang difilter tiap hari.

"Temuan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman disaring jadi lebih baik dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kopi tidak dapat dijelaskan dari variabel lain seperti usia, jenis kelamin atau gaya hidup. Oleh karena itu, kami menganggap bahwa temuan ini benar," terangnya.

Walau begitu, Professor Thelle tidak menyarankan kopi ini pada kelompok orang tertentu. Dia menyarankan bahwa seseorang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi dan hendak menurunkannya agar tidak mengonsumsi kopi.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis Kopi Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.