Sukses

Cari Tahu Penyebab Kaki Berkeringat dan Cara Mengatasinya

Jika Anda salah satu yang kakinya suka berkeringat terlepas dari cuaca saat itu, mungkin ini penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Mungkin wajar apabila kaki berkeringat saat cuaca panas. Namun mungkin juga terjadi terlepas dari cuacanya.

Jika Anda salah satu yang kakinya suka berkeringat terlepas dari cuaca saat itu, mungkin penyebabnya adalah sebagai berikut.

1. Anda mengenakan sepatu sempit

Dilansir dari Livestrong, ahli penyakit kaki di Step Up Footcare di New York, Nelya Lobkova, DPM, menjelaskan bahwa kaki sama seperti tangan, cenderung berkeringat di musim panas, terutama jika Anda mengenakan sepatu atau sandal dengan bahan yang tidak memiliki sirkulasi udara, seperti bahan kulit.

Ia merekomendasikan untuk membeli sepatu yang memiliki sirkulasi udara atau sol karet dengan sirkulasi udara yang baik. Biasanya sepatu olahraga dirancang sedemikian rupa untuk bisa meningkatkan aliran udara, beberapa bahkan bisa dicuci di mesin cuci.

2. Anda mengenakan kaus kaki yang lembab

Pilihlah kaus kaki yang terbuat dari bahan anti lembab, seperti wol merino dan serat mikro. Hindari bertelanjang kaki dengan sepatu yang terbuat dari bahan penangkap panas (seperti kulit), karena tentunya akan membuat kaki lebih berkeringat, jelas Dr. Lobkova.

3. Kurang minum

Hidrasi yang tepat membantu tubuh Anda tetap dingin. Jika Anda tidak cukup minum, tubuh akan berusaha untuk mengatur suhunya yang mengakibatkan lebih banyak produksi keringat, jelas Dr. Lobkova.

4. Anda mungkin menderita hiperhidrosis

Menurut Dr. Lobkova, kaki berkeringat adalah hal yang umum, namun ada kondisi yang menyebabkan keringat berlebih yang disebut hiperhidrosis. Anda mungkin termasuk di antara 5% populasi yang menderita hiperhidrosis jika Anda menemukan kaki Anda berkeringat hampir sepanjang waktu terlepas itu saat cuaca panas atau saat berolahraga.

Menurut International Hyperhidrosis Society , perawatan yang secara efektif mengontrol keringat kaki termasuk antiperspiran, suntikan Botox dan perawatan arus listrik ringan tanpa rasa sakit yang disebut iontophoresis.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adapun tips untuk mengatasi keringat pada kaki

1. Bedaki kaki

Dr. Lobkova merekomendasikan untuk menaburkan bedak kaki sebelum memakai kaus kaki.

2. Keringkan sepatu

Jika solnya dapat dilepas maka keluarkan hingga kering, saran Dr. Lobkova.

3. Sterilkan sepatu

Bisa dengan menggunakan sinar UV saat mengeringkan bagian dalam sepatu, yang dapat menjadi sumber bakteri, virus, dan jamur penyebab bau.

4. Rendam kaki dalam teh

Seduh teh lalu tuangkan dalam baskom berisi air dingin yang muat untuk kaki Anda. Pastikan suhu airnya sudah sesuai sebelum kaki Anda dicelupkan.

"Teh hitam mengandung tanin, yang memiliki sifat astringen yang menyempitkan kelenjar keringat dan mengurangi keringat," kata Dr. Lobkova.

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.