Sukses

Fadil Jaidi Salurkan Donasi 4M pada MUI dan PMI untuk Bangun RS di Palestina

Donasi 3M yang disalurkanF adil jaidi pada MUI nantinya digunakan untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Fadil Jaidi tergerak mengumpulkan donasi bagi masyarakat Palestina yang tengah berkonflik dengan Israel. Youtuber itu berhasil mengumpulkan donasi dari masyarakat melalui Kitabisa.com sebesar 1 Miliar hanya dalam 3 jam. Selanjutnya donasi tersebut menjadi 7,3 miliar dalam waktu seminggu.

Sebagian dana yang terkumpul disalurkan Fadil Jaidi pada Majelis Ulama Idonesia (MUI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) pada Rabu, 19 Mei 2021.

"Donasi ini adalah amanah dari ratusan ribu orang yang harus segera disampaikan. Maka MUI dan PMI adalah lembaga terpercaya untuk membantu menyalurkan donasi publik ini. Aku sendiri berterima kasih pada banyak pihak termasuk ratusan ribu donatur dan sobat Goib yang telah mendukung galang dana ini. Donasi ini akan aku dan Kitabisa salurkan secara bertahap melalui lembaga-lembaga terpercaya agar saudara-saudara kita di Palestina segera mendapat bantuan," ujar Fadil Jaidi.

Fadil Jaidi menyampaikan donasi sejumlah 3 miliar dengan mengunjungi Kantor Pusat MUI di Jakarta Pusat dan menyerahkannya langsung pada Ketua MUI K.H. Abdullah Jaidi dan Sekjen MUI Dr H. Amirsyah Tambunan, M.A. Sementara Ketua Umum MUI Pusat K.H. Miftachul Akhyar turut bergabung melalui zoom.

Hadir langsung dalam penyerahan donasi, CEO Kitabisa.com Alfatih Timur.

Donasi 3M yang disalurkan pada MUI nantinya digunakan untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron Palestina. Rencananya rumah sakit itu akan didirikan di atas tanah wakaf seluas 4 ribu meter per segi.

MUI melalui Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (HLNKI) terus mendorong pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron Palestina sejak 2020. Donasi itu diperuntukkan bagi pasien di wilayah tersebut yang membutuhkan pengobatan, khususnya fisioterapi dan rehabilitasi.

"Donasi ini semoga bisa menambah semangat ukhuwah islamiyah kita. Kami mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Fadil dan Kitabisa.com dalam membantu saudara kita di Palestina. Ini masih langkah pertama, mudah-mudahan disusul dengan langkah-langkah yang lain," ucap K.H. Miftachul Akhyar, Rabu (19/5), dikutip dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salurkan 1M ke PMI

Selain berkunjung ke kantor MUI, Fadil Jaidi juga menemui Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI Jakarta. Fadil menyalurkan Rp1 Miliar pada PMI.

Penyerahan donasi itu turut dihardiri Wakil Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita, Sekjen PMI Sudirman Said, serta CEO Kitabisa.com Alfatih Timur.

PMI sebagai lembaga medis kemanusiaan sudah bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah (BSM) Palestina sebagai Perhimpunan Nasional di negera tersebut. PMI terus berkoordinasi dengan BSM untuk mengidentifikasi bantuan yang diperlukan seiring konflik bersenjata antara Israel dan Palestina menimbulkan banyak korban.

"Saat ini obat-obatan serta bahan makanan adalah kebutuhan yang utama. Donasi ini akan segera disalurkan BSM Palestina sebagai jalur resmi bantuan ke sesama anggota Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Donasi ini tentu sangat membantu banyak pihak melewati konflik ini," ujar Jusuf Kalla.

Sementara itu, Alfatih Timur menyampaikan, ada 134 masyarakat Indonesia yang menunjukkan kepedulian membantu perjuangan Palestina melalui galang dana yang digagas Fadil Jaidi.

"Ini bukti nyata dukungan masyarakat Indonesia untuk konflik yang menimpa rakyat Palestina. Kami terus berupaya untuk menyampaikan amanah banyak orang ini lembaga-lembaga terpercaya seperti MUI dan PMI," ucap Alfatih.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.