Sukses

Muhadjir Effendy: Antisipasi Arus Balik Lebaran, Bukan Hanya di DKI Jakarta

Muhadjir Effendy tegaskan antisipasi arus balik Lebaran bukan hanya di DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Antisipasi arus balik Lebaran 2021, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengatakan, bukan hanya di ibu kota Provinsi DKI Jakarta, melainkan di beberapa pusat kota, termasuk masing-masing ibu kota provinsi.

"Ibu kota bukan satu-satunya. Ini semua sudah kita hitung, termasuk ibukota di setiap provinsi yang nanti juga akan menjadi tujuan arus balik (mudik)," kata Muhadjir dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Minggu (16/5/2021).

Namun, Muhadjir Effendy mengakui hal itu tidaklah mudah. Ini dikarenakan mobilitas orang sulit ditangani. Walau begitu, aparat TNI Polri di lapangan berupaya melaksanakan penyekatan.

"Karena ini kan bicara tentang orang, mobilitas susah untuk dipastikan," imbuhnya.

"Tetapi apa yang sudah dilakukan Pak Menhub, aparat kepolisian, dan TNI Polri di dalam melakukan penyekatan dan penindakan, saya kira ini sangat berharga untuk dijadikan dasar kita membijaksanai kedatangan mereka (pemudik) saat arus balik ini."

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peninjauan Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

Salah satu peninjauan arus balik mudik Lebaran dilakukan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Sabtu (16/5/2021).

Dalam hal ini, Doni juga ingin memastikan bahwa tidak ada transmisi yang memicu lonjakan kasus COVID-19 di wilayah lain. Giat yang dilaksanakan adalah sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Ketua Satgas Penanganan COVID-19 guna memastikan seluruh instrumen Pemerintah, baik pusat maupun daerah mampu bekerja secara terintegrasi melalui kolaborasi.

Bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta, Doni beserta rombongan tiba di landasan helikopter kawasan dermaga Pelabuhan Bakauheni yang dikelola PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry pada pukul 09.05 WIB.

Usai mendarat, Doni langsung disambut Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, yang ditunjuk menjadi Ketua Gugus Tugas Khusus Penanganan COVID-19 Penyeberangan Bakauheni dan Danrem 043 Garuda Hitam Brigjen TNI Drajat Bima Yoga sebagai wakilnya.

Turut serta mewakili Gubernur Provinsi Lampung yakni Sekda Provinsi Lampung Badri Tanam. Tak berselang lama, Doni beserta rombongan tersebut menuju posko penyekatan di Exit Tol Hatta, Bakauheni Selatan.

Peninjauan singkat, Doni melihat bagaimana petugas dari Dinas Kesehatan melayani pemeriksaan kesehatan salah seorang pengemudi angkutan logistik menggunakan tes usap berbasis antigen, sebagai salah satu syarat perjalanan yang diatur dalam Addendum Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021.

Selain wajib membawa surat bebas atau negatif COVID-19, seluruh pelaku perjalanan diwajibkan melakukan swab antigen yang disediakan di setiap posko.

3 dari 3 halaman

Infografis Target Belajar Tatap Muka Juli 2021, Siapkah?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.