5 Rahasia Miliki Hubungan Langgeng dengan Pasangan

Oleh Liputan6.com pada 15 Mei 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 15 Mei 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi Pasangan
Perbesar
Hubungan langgeng (sumber: Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Saat menikah tentu berharap memiliki hubungan langgeng dengan si Dia. Peneliti pun penasaran terkait hal ini. Sebuah studi pun mencari tahu rahasia kelanggengan dari pasangan yang sudah lama bersama.

Melansir laman wellandgood, para peneliti mengkaji 43 penelitian tentang hubungan untuk menganalisis 11.196 hubungan romantis. Dari kajian itu, peneliti menemukan rahasia hubungan yang bahagia dan langgeng.

Mereka pun menemukan lima hal yang dimiliki pasangan dalam hubungan yang langgeng. Apa saja?

1. Komitmen yang dirasakan kedua belah pihak

Pakar percintaan dan seks, Tammy Nelson, PhD mengungkapkan bahwa cara kita merasakan komitmen pasangan lebih penting daripada cara kita melihat komitmen pasangan kita terhadap kita. Saat kita sudah merasa yakin bahwa pasangan kita berkomitmen untuk tetap bersama kita, maka kita bisa merasa tenang dan percaya diri bahwa hubungan akan langgeng.

2. Apresiasi

Apreasi dalam sebuah hubungan tidak baik jika hanya satu arah. Perlu ada timbal balik atau saling memberi dan menerima. Penting bagi pasangan untuk saling mengapresiasi atau menghargai satu sama lain untuk menjaga hubungan tetap langgeng.

.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Kepuasan seksual

Seks Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Pasangan (Foto: Pixabay/Norexy_art)

"Sebagai terapia seks, saya sangat setuju bahwa kepuasan seksual adalah perekat yang membuat hubungan jangka panjang bertahan," papar Dr. Nelson. Kepuasan seksual bisa sangat memengaruhi keharmonisan dan kelanggengan sebuah hubungan, khususnya hubungan suami istri.

4. Kepuasan pasangan

Memiliki pasangan yang merasa puas bisa meningkatkan kepercayaan diri kita. Saat melihat pasangan merasa puas, seperti dalam hal hubungan intim suami istri, maka ada rasa percaya diri yang meningkat. Ini pun bisa mengupayakan sebuah hubungan bisa bertahan dalam jangka waktu lama atau langgeng.

5. Cara Mengatasi Konflik yang Baik

Hubungan yang langgeng bukan berarti hubungan yang bebas konflik atau pertengkaran. Justru hubungan yang langgeng bisa dicapai dari seberapa baik kita mengatasi konflik yang ada. "Jika pasangan bisa mengatasi konflik mereka dan mengakhiri perdebatan dengan baik, mereka berpeluang besar untuk tetap bersama dan bahagia," ungkap Dr. Nelson.

 

Penulis: Endah Wijayanti/ Fimela

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis

Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Juga Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓