Sukses

Menkes Budi: Gunakan Teknologi Komunikasi untuk Jalin Silaturahmi di Idulfitri

Kemenkes mengatakan bahwa masyarakat masih bisa bersilaturahmi di Idulfitri tanpa harus mudik.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa di merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah di tengah pandemi COVID-19 bukanlah hal yang mudah.

Dalam pesan video di saluran Youtube Kementerian Kesehatan, ditulis Kamis (13/5/2021), Menkes mengatakan bahwa Idulfitri merupakan hari kemenangan bagi Umat Islam setelah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan.

Budi Gunadi mengatakan bahwa silaturahmi pada Lebaran kali ini tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasanya demi mencegah penularan virus Corona.

"Namun demikian, kita akan menjadi pemenang yang sesungguhnya ketika kita berhasil menjaga orang-orang yang kita cintai dari potensi penularan COVID-19 dengan tidak mudik," kata Menkes.

Maka dari itu, Budi pun mengimbau agar masyarakat tetap terhubung di kampung halaman dengan memanfaatkan sarana komunikasi yang ada.

"Agar kita tetap bisa terhubung dengan keluarga di kampung, kita dapat memanfaatkan sarana teknologi yang ada sebagai penyambung tali silaturahmi," ujarnya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan Sarana Komunikasi

Dalam pesan video yang berbeda, Wakil Menkes Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa di Idulfitri tahun ini, masyarakat masih harus menahan diri demi menekan penularan COVID-19.

"Mesti wajah tak mampu berjumpa, tangan tak saling menjabat, semoga dengan adanya teknologi komunikasi yang ada, kita dapat memanfaatkannya sebagai sarana penyambung tali silaturahmi keluarga di hari yang penuh kemenangan," ujarnya.

Sementara, dalam video terpisah, Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi mengatakan bahwa tidak mudik merupakan langkah tepat untuk menekan penularan COVID-19.

"Ini semuanya demi melindungi kerabat yang kita sayangi termasuk orangtua dan saudara-saudara kita di kampung," kata Oscar.

Menkes dan Wamenkes dalam pesannya masing-masing pun mengingatkan agar masyarakat selalu menaati protokol kesehatan. "Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol 3M seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata Budi Gunadi.

3 dari 3 halaman

Infografis Dilarang Mudik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.