Sukses

Siasat Konsumsi Kue Lebaran Sehat, Tambahkan Buah-buahan Kering

Siasat konsumsi kue Lebaran sehat dengan menambahkan buah-buahan kering.

Liputan6.com, Jakarta Siasat konsumsi kue Lebaran yang sehat, Anda dapat menambahkan buah-buahan kering. Sebut saja, kismis, kurma, prune, kiwi, cranberry, ceri, dan sukade, yang biasa digunakan membuat kue atau cake.

Ahli gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association Rita Ramayulis menjelaskan, selama ini kue Lebaran identik dengan rasa manis, berlemak, terutama lemak jenuh, serta tidak berserat dan tidak bermikronutrien.

“Pada situasi pandemi COVID-19 ini, tentu saja kita harus senantiasa meningkatkan imunitas tubuh dan menghindari hal-hal yang dapat menurunkan imunitas tubuh. Di antaranya, dengan bijak memilih makanan yang baik untuk Kesehatan," jelas Rita sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Kamis (13/5/2021).

Konsumsi gula berlebih, lemak jenuh berlebih serta rendah serat dan mikronutrien akan berisiko melemahkan imunitas tubuh.

“Oleh karena itu, kita harus disiplin dalam mengkonsumsi kue Lebaran serta menyiasati pemilihan bahan dan cara pembuatannya, lanjut Rita.

Menurut Rita, cara yang bisa dilakukan antara lain, mengurangi dan mengganti jenis gula pasir dengan gula kelapa, mengganti butter atau mentega dengan minyak kelapa murni, mengganti tepung terigu biasa dengan terpung terigu dari gandum utuh.

Kemudian menambahkan buah-buahan kering dan memilih alat memasak kue yang suhunya bisa diatur sedemikian rupa.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Muffin Sehat yang Berserat dan Rendah Gula

Sebagai contoh, Rita Ramayulis bersama Philips Indonesia merancang resep muffin lezat yang lebih berserat, rendah gula, lemak rantai menengah, dan lemak jenuh rendah. Berikut ini resepnya:

Muffin SBB (Sehat, Berserat dan Bermikronutrien): Porsi 4 orang, persiapan 10 menit, waktu memasak 15 menit

Bahan A

75gr tepung gandum utuh (diayak)

1 1/2 sdt baking soda Gluten free

1 sdt kayu manis

Garam sejumput

Bahan B

1 telur ayam kampung

2 sdm gula kelapa organik

35ml susu

40ml sari almond

50gr minyak kelapa

Bahan Isi dan taburan:

75gr cranberry kering

8 mangkok kertas muffin

 

Cara membuat:

1. Campurkan bahan A di mangkok sampai tercampur rata dan sisihkan

2. Kocok telur dan gula dengan kecepatan rendah (kurang lebih 2 menit), kemudian masukkan satu persatu bahan B lalu aduk rata

3. Masukkan bahan A ke dalam mangkok bahan B dan campur sampai rata dengan menggunakan spatula

4. Masukkan 50gr isian muffin cranberry ke dalam adonan

5. Siapkan mangkok kertas muffin (dua lapis mangkok kertas untuk 1 muffin) dan tuang adonan, taburi atas adonan dengan cranberry

6. Panaskan Airfyer dengan suhu 200 selama 3 menit, kemudian masukkan muffinnya dan turunkan suhu ke 165, setelah 5 menit turunkan suhu menjadi 145 sampai muffin matang

7. Angkat muffin dan sajikan.

Penggunaan Air Fryer memungkinkan memanggang kue dengan menggunakan hembusan udara yang dipanaskan sesuai dengan derajat panas yang diinginkan, sehingga dapat mematangkan kue tanpa merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.