Bantuan Hibah Kemanusiaan untuk India, Indonesia Kirim 200 Unit Konsentrator Oksigen

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 12 Mei 2021, 12:31 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 13:02 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi
Perbesar
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (Dok Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan untuk India yang sedang menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Bantuan atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berupa 200 unit konsentrator oksigen.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sebelumnya pada 10 Mei 2021 pemerintah bersama asosiasi dan pelaku industri Indonesia sudah memberangkatkan 1.400 tabung oksigen silinder ke India.

“Bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India,” ujar Retno dalam konferensi pers daring, Rabu (12/5//2021).

Ia berharap, bantuan kemanusiaan ini dapat membantu India dalam menangani pandemi COVID-19. Pada masa lonjakan kasus ini, India memang sangat membutuhkan oksigen.

“India dan Indonesia adalah sahabat lama, sahabat dekat, sekaligus mitra strategis. Persahabatan dua negara telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru.”

Sejak awal pandemi, Indonesia dan India sudah bekerja sama melawan COVID-19, tambah Retno. Di awal masa pandemi, Retno melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri India bagaimana pemerintah India memfasilitasi sehingga ekspor bahan baku obat yang sangat diperlukan dapat diperoleh Indonesia.

“India juga berperan penting mendukung pengadaan vaksin melalui rangka multilateral Covax Fasility. Indonesia selalu bersyukur atas dukungan India selama pandemi ini,” tutup Retno.

2 dari 3 halaman

Infografis Varian B117 COVID-19 Seperti di India Sudah Masuk Indonesia

Infografis Varian B117 Covid-19 Seperti di India Sudah Masuk Indonesia
Perbesar
Infografis Varian B117 Covid-19 Seperti di India Sudah Masuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓