Hindari Kontak Fisik di Masa Pandemi, Resto di Saudi Gunakan Robot Pelayan

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 11 Mei 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 11:00 WIB
robot
Perbesar
Mahmoud El Komy, seorang ilmuan dan insinyur di Mesir membuat robot humanoid untuk melakukan swab test COVID-19. | ilustrasi robot pexels.com/@agk42

Liputan6.com, Jakarta - Tak seperti restoran lainnya, restoran di Jazan ini menggunakan jasa robot untuk melayani para pelanggan. Enam robot pelayan siap mengantarkan nampan-nampan berisi sajian menu Asia di Restaurant Robot.

Dilengkapi fitur kecerdasan buatan, enam robot pelayan di Restaurant Robot semula digunakan sebagai pencegahan penyebaran virus COVID-19 antarmanusia. Namun, rupanya kini para pelayan robot itu menjadi daya tarik tersendiri bagi restoran.

Sistem kecerdasan buatan bagi para pelayan robot itu didesain oleh insinyur muda Saudi, Reham Omar. Bersinergi dengan para pelayan robot, interior restoran pun dilengkapi dengan sensor-sensor yang memungkinkan para robot bergerak dan mengantar makanan pada pelanggan.

"Dengan adanya sensor-sensor itu para robot dapat mengetahui jika ada apapun di dekat mereka, sehingga memungkinkan mereka berhenti berjalan atau mengubah arah secara pas," ujar Reham, dilansir Arab News.

"Setiap robot mempunyai peta interior restoran dan lokasi setiap meja telah diprogram dalam memori mereka. Ketika robot menuju suatu meja, pelanggan bisa mengambil makanan mereka atau meminta robot meninggalkan mereka," jelasnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mendapat Repons Positif

Omar mengatakan, ide mengenai pelayan robot itu dikembangkan berdasarkan pengalaman negara-negara lain serta didukung oleh Pemerintah Saudi terhadap industri makanan di negara tersebut.

Omar mengatakan sangat bangga atas proyek terbeut dan para pelanggan pun menyukai dan terkesan dengan ide itu.

"Budaya berubah, dan orang-orang sekarang bersemangat menemukan teknologi baru yang bisa meningkatkan kualitas hidup mereka," ucapnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Juga Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓