Penting, Ini Cara Tetap Lancar Menjalankan Puasa Bagi Penderita Maag

Oleh Reza pada 06 Mei 2021, 19:39 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 19:39 WIB
Benarkah Anemia Bisa Jadi Tanda Kanker Darah?
Perbesar
Benarkah Anemia Bisa Jadi Tanda Kanker Darah?

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu penderita sakit maag mungkin Bulan Ramadan merupakan tantangan tersendiri. Pasalnya, kamu perlu cermat mengatur pola makan akan terhindar dari naiknya asam lambung dan berakibat sakit maag kambuh. Pengaturan pola makan itu dilihat dari gizi makanan sampai menghindari berbagai pantangan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips penderita maag biar bisa menjalankan bulan puasa dengan baik.

Pilih makanan yang mudah dicerna

Saat sahur, kamu perlu mengonsumsi makanan yang cukup dan mudah dicerna. Makananan tersebut yang mengandung potasium, kabhidrat magnesium, protein, dan serat. Kamu bisa mengonsumsi makanan, seperti sayur, telur, daging dan buah - buahan.

Tambahkan susu

Rasanya sakit sekali jika maag kambuh saat menjalankan ibadah puasa. Menurut banyak orang, untuk mengatasi maag kamu bisa meminum air putih 8 gelas per hari. Namun, hal itu belum cukup, kamu juga perlu menambahkan susu untuk mendapatkan kalsium agar tubuh kuat menjalankan puasa.

Jangan makanan pantangan

Penderita maag memiliki pantangan yang perlu dihindari. Jika dilanggar, akan memicu maag kambuh. Makanan itu, seperti cokelat, makanan berlemak, dan gorengan. Tak hanya itu, penderita maag juga diimbau jangan makan makanan yang pedas, hal itu bisa merusak dinding lambung dan mengakibatkan maag kambuh.

Minum suplemen

Agar puasa lancar tanpa hambatan, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin yang dianjurkan dokter. Nah, kamu bisa menanyakan ke dokter secara langsung dengan menggunakan aplikasi kesehatan. Di sana, kamu bisa bertanya mengenai tentang penderita maag saat menjalankan puasa dan cara mengatasinya.

 

(*)