Sukses

Bercerai, Bill Gates dan Melinda Nyatakan Gates Foundation Tetap Berlanjut

Meski bercerai dapat dipastikan Bill Gates dan Melinda masih akan bekerja untuk Gates Foundation

Liputan6.com, New York - Perceraian Bill Gates dan sang istri, Melinda Gates, menjadi perbincangan masyarakat dunia hari ini. Salah satu yang banyak menjadi pertanyaan adalah masa depan yayasan yang dibangun keduanya, Bill and Melinda Gates Foundation.

Apalagi, Gates Foundation menjadi salah satu organisasi yang banyak memainkan peran terkait pendanaan penanganan pandemi COVID-19 di dunia yang masih berlangsung hingga sekarang.

Mengutip NBC News pada Selasa, 4 Mei 2021, yayasan tersebut dalam beberapa bulan terakhir memberikan 1,75 miliar dolar dalam bentuk hibah, untuk memercepat pengembangan dan distribusi tes, perawatan, serta vaksin COVID-19.

Hibah itu termasuk 4,9 juta dolar di bulan November, bagi perusahaan Jerman BioNTech yang bekerja sama dengan Pfizer untuk mengembangkan vaksin COVID-19 berbasis mRNA.

Dalam unggahan di akun Twitternya, dikutip Selasa (4/5/2021), Bill dan Melinda Gates menuliskan bahwa mereka masih akan melanjutkan pekerjaannya di Gates Foundation.

"Kami membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang untuk hidup lebih sehat dan produktif," kata mereka.

"Kami melanjutkan berbagi kepercayaan di misi tersebut dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama-sama di yayasan ini, namun kami tidak lagi percaya kami bisa tumbuh bersama sebagai pasangan di fase berikutnya kehidupan kami," tulis Bill Gates.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyandang Dana Terbesar dalam Penanganan Pandemi

Dikutip dari The Guardian, Gates Foundation dalam pernyataannya mengatakan bahwa Bill dan Melinda akan melanjutkan pekerjaan bersama, untuk membentuk dan menyetujui strategi yayasan, mengadvokasi masalah dan menetapkan arah keseluruhan organisasi.

Sebelum memutuskan bercerai, Bill dan Melinda sendiri telah membina rumah tangga selama 27 tahun. Mereka dikaruniai tiga buah hati yaitu Jennifer (25), Rory (21), dan Phoebe (18).

Di akun Instagramnya, Jennifer menulis bahwa situasi tersebut merupakan rentang waktu yang menantang bagi seluruh keluarga. "Terima kasih telah memahami keinginan kami untuk privasi sementara kami menjalani fase selanjutnya dalam hidup kami," katanya.

Pengumuman tentang perceraian Bill dan Melinda sendiri datang kurang dari dua pekan usai keduanya menghadiri acara virtual untuk petugas kesehatan yang berperang dalam penanganan pandemi COVID-19.

Bill dan Melinda menikah di tahun 1994. Keduanya bertemu di tahun 1987 usai Melinda, yang saat itu berusia 31 tahun, bergabung di Microsoft.

Sejak 1994, Bill sudah menyumbangkan setidaknya 40 miliar dolar ke Bill and Melinda Gates Foundation, untuk mendanai pendidikan teknologi informasi di AS, serta gerakan perawatan kesehatan dan kemiskinan di dunia.

Dalam penanganan pandemi, Gates Foundation menjadi salah satu penyandang dana paling awal dan terbesar untuk penelitian vaksin dan perawatan COvid-19.

Bill mengatakan bahwa dirinya siap menghabiskan miliaran demi mencegah penyebaran penyakit tersebut. "Akan jadi beberapa miliar dolar yang akan kita buang untuk membangun konstruksi yang tidak diambil karena ada hal lain yang lebih baik," ujarnya.

"Tapi beberapa miliar dalam hal ini, situasi yang kita hadapi, di mana ada triliunan dolar ... hilang secara ekonomi, itu sangat berharga."

3 dari 3 halaman

Infografis Jokowi dan Pemimpin Dunia Disuntik Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.