Sukses

Mutasi Virus Corona dari India dan Afsel Sudah Masuk Indonesia, Menkes Ingatkan Ini

Prokes jangan kendur karena sudah muncul varian virus Corona Inggris, India, Afrika Selatan yang punya potensi menular lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ­mengatakan dua varian Virus Corona yang menjadi variant of concern WHO sudah masuk Indonesia. Varian virus Corona asal India dan Afrika Selatan sudah ditemukan di Indonesia.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu dari India. Ada dua insiden yang kita lihat, dua-duanya di Jakarta," kata Budi saat konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (3/5/2021).

Sementara varian virus Corona yang dari Afrika Selatan sudah terdeteksi ada di Indonesia lewat pintu masuk Bali. Dua varian virus Corona yang sudah masuk ke Indonesia ini masuk kategori variant of concern WHO karena sangat diperhatikan penularannya yang relatif lebih tinggi.

"Ini harus kita jaga mumpung masih sedikit, karena mereka pasti akan segara menyebar karena penularannya relatif lebih tinggi dibanding yang lain," kata Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Lengah Prokes

Ia pun meminta agar isolasi serta upaya pelacakan kasus semakin diperketat untuk menghadapi varian baru. Budi juga berpesan kepada masyarakat agar tidak mengendorkan protokol kesehatan. 

"Yang paling penting sekali lagi pakai masker, cuci tangan, jaga jarak," katanya.

"Apapun mutasinya, apapun virusnya kalau kita disiplin protokol kesehatan insyaAllah penularan tidak terjadi," pesan Budi.

Mengenai sedikit kenaikan kasus COVID-19 yang terjadi, Budi mengatakan agar masyarakat tidak kendor dan lengah menjalankan protokol kesehatan. Terlebih sudah muncul varian virus Corona yang punya potensi menular lebih cepat.

"Tugas saya sebagai Menkes mengingatkan agar harus selalu waspada. Jangan sampai lengah, jangan terburu-buru kendorkan protokol kesehatan," katanya. 

3 dari 3 halaman

Infografis Varian Baru Virus Covid-19 Lebih Mematikan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.