Sukses

Varian Baru Virus Corona India dan Afrika Selatan Sudah Masuk Jakarta dan Bali

Mutasi Virus Corona dari India, Afrika Selatan, dan Inggris sudah masuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, melaporkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa di Indonesia sudah masuk mutasi Virus Corona varian dari India (B1617) dan Afrika Selatan.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu dari India ada dua insiden, dua-duanya di Jakarta," kata Menkes Budi saat memberikan keterangan pers pada Senin siang, 3 Mei 2021.

Selain itu, satu insiden mutasi Virus Corona dari Afrika Selatan sudah masuk Bali.

Sebelumnya, lanjut Budi, sudah ada 13 insiden mutasi Virus Corona dari Inggris yang masuk Indonesia.

"Mutasi-mutasi ini yang masuk sebagai kategori variant of concern atau mutasi-mutasi yang sangat diperhatikan WHO, karena penularannya relatif lebih tinggi," katanya.

"Ini yang harus kita jaga, mumpun masih sedikit, karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif tinggi," Menkes Budi melanjutkan.

Menkes Budi Gunadi Sadikin pun mengingatkan agar masyarakat tidak mengendurkan protokol kesehatan. Tetap harus memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Kalau kita disiplin protokol kesehatan, InsyaAllah penularan tidak terjadi," ujarnya.

Simak Video Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.