Varian Baru Virus Corona India dan Afrika Selatan Sudah Masuk Jakarta dan Bali

Oleh Aditya Eka Prawira pada 03 Mei 2021, 14:20 WIB
Diperbarui 03 Mei 2021, 14:20 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin
Perbesar
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menghadiri acara Mata Najwa dalam sesi 'Beres-beres Kursi Menkes' pada 6 Januari 2021. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, melaporkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa di Indonesia sudah masuk mutasi Virus Corona varian dari India (B1617) dan Afrika Selatan.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu dari India ada dua insiden, dua-duanya di Jakarta," kata Menkes Budi saat memberikan keterangan pers pada Senin siang, 3 Mei 2021.

Selain itu, satu insiden mutasi Virus Corona dari Afrika Selatan sudah masuk Bali.

Sebelumnya, lanjut Budi, sudah ada 13 insiden mutasi Virus Corona dari Inggris yang masuk Indonesia.

"Mutasi-mutasi ini yang masuk sebagai kategori variant of concern atau mutasi-mutasi yang sangat diperhatikan WHO, karena penularannya relatif lebih tinggi," katanya.

"Ini yang harus kita jaga, mumpun masih sedikit, karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif tinggi," Menkes Budi melanjutkan.

Menkes Budi Gunadi Sadikin pun mengingatkan agar masyarakat tidak mengendurkan protokol kesehatan. Tetap harus memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Kalau kita disiplin protokol kesehatan, InsyaAllah penularan tidak terjadi," ujarnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓