Sukses

Menkes: Mutasi Virus Corona COVID-19 dari Inggris, India, dan Afrika Selatan Sudah Masuk di RI

Menkes melaporkan bahwa selain mutasi virus corona dari Inggris yang saat ini sudah ditemukan sebanyak 13 kasus, Indonesia juga telah menemukan dua mutasi virus corona dari India, dan satu dari Afrika Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa mutasi virus corona penyebab COVID-19 dari India dan Afrika Selatan sudah masuk ke Indonesia.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India, ada dua insiden yang sudah kita lihat. Dua-duanya di Jakarta," kata Menkes Budi dalam konferensi pers dari Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/5/2021).

"Dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali," kata Budi Gunadi.

Menkes pun melaporkan bahwa sejauh ini, selain mutasi virus corona dari Inggris yang saat ini sudah ditemukan sebanyak 13 kasus, Indonesia juga telah menemukan dua mutasi dari India, dan satu dari Afrika Selatan.

"Mutasi-mutasi ini yang masuk sebagai kategori variant of concern atau mutasi-mutasi yang memang sangat diperhatikan oleh WHO karena penularannya relatif lebih tinggi, ini harus kita jaga," kata Budi Gunadi.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disiplin Protokol Kesehatan Apapun Mutasinya

Menurut Budi penularan dari varian-varian virus corona ini haruslah dicegah mengingat tingkat penularannya yang relatif lebih tinggi daripada mutasi-mutasi lainnya.

"Adalah tugas kita bersama untuk melakukan isolasi untuk yang terkena, disiplin melalukan testing, tracing untuk kontak erat dari daerah sekitarnya," kata Mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Menkes kembali menegaskan bahwa protokol kesehatan 3M adalah cara yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah dirinya tertular COVID-19, apapun mutasi atau variannya.

"Apapun virusnya, apapun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatannya memakai masker mencuci tangan menjaga jarak insyaallah harusnya penularan tidak terjadi," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Varian B117 Covid-19 Seperti di India Sudah Masuk Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.