Sukses

Ibu Menyusui Berpuasa, Dokter: Perhatikan Asupan Gizi dan Kecukupan Air

Dokter spesialis anak yang juga konselor aktasi, dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A IBCLC, mengatakan bahwa puasa bukanlah halangan bagi Ibu yang sedang menyusui.

Liputan6.com, Jakarta - Kebimbangan mungkin dirasakan sebagian ibu yang sedang memberikan ASI di bulan Ramadan. Beragam pertanyaan muncul, salah satunya adalah apa tidak akan bermasalah bila menyusui sambil berpuasa?

Dokter spesialis anak yang juga konselor laktasi Wiyarni Pambudi mengatakan bahwa puasa bukanlah halangan bagi Ibu yang sedang menyusui.

Ibu sangat diperbolehkan untuk menjalankan puasa, meski memiliki kewajiban untuk menyusui bayinya. Terutama bagi Ibu yang bayinya sudah menginjak usia enam bulan keatas.

“Menyusui bukan alasan Ibu untuk tidak berpuasa, terutama pada Ibu yang bayinya sudah berusia enam bulan keatas, karena bayi yang telah berusia enam bulan keatas sudah memperoleh makanan pendamping ASI,” ujar Wiyarni dalam Festival 100% ASI for MORe (30/4/2021).

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Asupan Gizi dan Kecukupan Air

Lalu, bagaimana dengan ibu yang anaknya kurang dari enam bulan? Berpuasa ditengah-tengah masa ASI eksklusif dipersilahkan saja tapi bu tetap harus memerhatikan pola hidupnya. Pola hidup Ibu harus sehat, didukung dengan pemenuhan gizi seimbang dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Dalam penjelasannya, Wiyarni mengungkapkan telah banyak penelitian yang menyebutkan walaupun Ibu menyusui berpuasa, tapi asupan gizi saat jeda puasa (buka dan sahur) itu baik, maka kualitas ASI tidak akan mengalami penurunan.

Sehingga, sama saja antara ibu menyusui yang berpuasa maupun tidak, asalkan kegiatan pemberian ASI lainnya jangan sampai terlupakan. Seperti, interval menyusui tetap dilakukan sesering mungkin, kebutuhan istirahat ibu harus cukup. Selain itu, asupan ibu harus benar-benar dijaga, baik itu pemenuhan gizi seimbang maupun cairan tubuh yang dibutuhkan.

Satu lagi yang terpenting bagi ibu menyusui soal kecukupan cairan. Kebutuhan cairan tubuh sangat penting bagi semua orang tapi ketika sedang menyusui kecukupan air harus lebih terjaga lagi.

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
3 dari 3 halaman

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.