Sukses

Tak Perlu Ragu, Ini 3 Manfaat Setelah Mendapatkan Vaksin COVID-19

Jangan takut untuk menerima suntikan vaksin COVID-19 guna memerangani Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Kekhawatiran umum yang menyebar di berbagai kalangan masyarakat seputar vaksin COVID-19 membuat mereka ragu untuk melakukan vaksinasi. Alasanya beragam, mulai dari keraguan terhadap keamanan vaksin, waktu pengembangan vaksin yang dinilai terlalu cepat, hingga ketakutan terhadap potensi efek samping dari vaksin.

Padahal, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) telah menetapkan kriteria tertentu dalam mengembangkan vaksin dan memastikan keamanan dari vaksin yang diproduksi, ungkap seorang Dokter Pengobatan Keluarga di Geisinger Medical Clinic Lock Haven, Dr. Amit Mehta.

Para ahli terkait juga terus mempelajari efek jangka panjang dari vaksin COVID-19. Tetapi kabar baiknya adalah hingga saat ini belum menunjukkan kekhawatiran yang serius, melansir dari laman Geisinger.

Setiap kelompok usia memiliki risiko berbeda bila terpapar virus COVID-19. Memiliki risiko tinggi maupun rendah untuk terjangkit COVID-19 beserta gejala yang menyertai, turut menyukseskan program vaksinasi adalah cara terbaik untuk terhindar dari infeksi parah atau akibat fatal dari COVID-19.

Vaksin adalah pilihan yang cerdas. Berikut ini 3 manfaat yang akan diperoleh setelah mendapat vaksin COVID-19.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pertahanan Terbaik Melawan COVID-19

COVID-19 dapat mengakibatkan tubuh terjangkit penyakit serius, bahkan mengancam jiwa sebagian orang. Tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk mengertahui secara pasti, bagaimana pengaruh paparan COVID-19 bila belum terinfeksi.

Mungkin tidak menimbulkan gejala apapun bagi Anda yang sehat dan bugar. Tapi terjangkit COVID-19 dengan gejala paling ringan sekalipun, dapat membahayakan orang tercinta disekitar.

“Bahkan jika Anda memiliki kasus COVID-19 ringan, Anda masih dapat menularkannya kepada orang yang Anda cintai, mungkin mereka akan benar-benar kesakitan merasakan gejalanya,” ujar Metha.

Semua vaksin COVID-19 yang tersedia di AS telah terbukti aman dan sangat efektif dalam mencegah penyakit dari virus COVID-19. Vaksin juga dapat membantu mencegah sakit parah atau gejala berat bila tertular COVID-19.

Pada dasarnya efek samping yang dirasakan pasca melakukan vaksin adalah hal wajar, seperti demam, sakit kepala, atau nyeri di beberapa bagian tubuh. Efek samping ini muncul sebagai tanda bahwa tubuh sedang membangun sistem imun baru terhadap virus COVID-19.

 
3 dari 5 halaman

2. Cara Aman Memperoleh Kekebalan Virus COVID-19

Penyintas COVID-19 sekalipun tetap harus mendapatkan vaksin. Meskipun penyintas COVID-19 telah memiliki antibodi sendiri yang diproduksi secara alami dalam tubuh mereka, masih belum diketahui tingkat kekebalan itu akan bertahan berapa lama. Sehingga, vaksin COVID-19 dapat memberikan kekebalan tambahan.

 
4 dari 5 halaman

3. Membantu Mengakhiri Pandemi COVID-19

Lebih dari setahun lamanya pandemi melanda berbagai negara di seluruh dunia. Rasa lelah dan bosan memakai masker, rindu menghabiskan waktu bersama teman dan orang kesayangan, hingga keinginan bepergian tanpa protokol kesehatan, menjadi hal yang menjelaskan kondisi saat ini.

Vaksin COVID-19 dapat membantu kita mencapai semua keinginan itu. Meskipun dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak mampu mengurangi penyebaran virus COVID-19, tapi itu tidak cukup untuk mengakhiri pandemi. Vaksin COVID-19 membantu membangun kekebalan terhadap virus COVID-19. Sehingga, bila terpapar virus tubuh sudah dapat melawannya.

Sesuai dengan pedoman CDC, mereka yang telah mendapatkan vaksinasi penuh yakni 2 minggu sejak dosis terakhir sudah dapat kembali melakukan beberapa aktivitas seperti sebelum pandemi.

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
5 dari 5 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.