Sukses

Penyebab Kesemutan Setelah Suntik Vaksin COVID-19

Kesemutan kerap dirasakan setelah mendapat suntikan vaksin COVID-19. Tak perlu khawatir, kesemutan ini bukan hal yang berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Kesemutan kerap kali dirasakan di sela-sela jari tangan setelah mendapat suntikan vaksin COVID-19. Tak perlu khawatir, kesemutan yang Anda rasakan bukan hal yang berbahaya.

Dilansir dari Bustle, Direktur Medis Perusahaan Perawatan Kesehatan Heal, Dr. Sachin Nagrani MD, mengatakan bahwa kesemutan muncul akibat peningkatan rasa cemas ketika mendapat suntikan.

Ketika rasa cemas melanda dan napas terjadi lebih cepat, tubuh mengalami hiperventilasi atau keluarnya karbon dioksida terlalu banyak. Hiperventilasi ini yang menyebabkan kesemutan pada ekstremitas atau kondisi dimana pembuluh darah menyempit, sehingga darah tidak dapat mencapai jari tangan atau kaki.

Apabila kesemutan terus berlanjut selama lebih dari dua atau tiga hari, kemungkinan penyebabnya adalah suntikan vaksin COVID-19. Suntikan yang terlalu dalam menjadi penyebab munculnya rasa kesemutan pada jari-jari tangan.

“Meskipun sangat jarang, suntikan terlalu dalam ke otot dapat menyebabkan cedera pada saraf yang memberikan sensasi pada ujung jari,” kata Dr. Robert Quigley MD, Direktur Medis Global di Perusahaan Mitigasi Risiko Medis dan Keamanan International SOS.

Suntikan yang terlalu dalam juga dapat menyebabkan semacam trauma pada saraf atau pembekuan darah di otot sekitar saraf. Meski kasus seperti ini jarang terjadi, alangkah lebih baik menghubungi pihak medis bila kesemutan terus berlanjut.

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.