6 Minuman yang Harus Dihindari untuk Jalani Puasa Sehat

Oleh Gilar Ramdhani pada 28 Apr 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 28 Apr 2021, 16:00 WIB
6 Minuman yang Harus Dihindari untuk Jalani Puasa Sehat
Perbesar
Anda perlu menghindari beberapa minuman ini agar puasa lancar. (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi dan mineral selama lebih dari 12 jam. Meskipun hanya di rumah saja saat menjalankan puasa, mineral tubuh bisa terus berkurang. Kondisi ini membuat seseorang menjadi lemas dan tidak berenergi bahkan daya tahan tubuh dapat menurun selama berpuasa. 

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, bugar dan terhidrasi selama berpuasa, memperhatikan kualitas asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka puasa sangat penting. Bila sudah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein, serat, kalsium, dan vitamin, maka minuman saat sahur dan buka puasa pun harus tepat. 

Berikut ini sejumlah minuman yang perlu dihindari ketika sahur dan buka puasa. Alih-alih menjaga tubuh terhidrasi dan cukup cairan, yang ada malah membuat cairan tubuh cepat hilang dan ujungnya membuat tubuh lemas, susah konsentrasi dan tidak bisa beraktivitas dengan produktif.

1. Teh

Sebaiknya hindari konsumsi teh untuk sahur dan berbuka puasa. Apalagi bila itu dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan kafein dalam teh bisa menyebabkan tubuh lebih mudah kehilangan cairan.

2. Kopi

Senada dengan teh, kandungan kafein tinggi pada kopi juga sebaiknya dihindari saat sahur dan buka puasa. Kopi juga bersifat diuretik sehingga menyebabkan sering buang air kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh mudah kehilangan cairan.

3. Air jeruk

Minuman dengan rasa asam dan manis ini juga perlu dihindari saat sahur dan buka puasa. Air jeruk berisiko meningkatkan asam lambung sehingga membuat puasa jadi tidak nyaman, terlebih jika Anda memiliki riwayat sakit maag.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Minuman Manis

Minuman manis seperti jus buah dalam kemasan yang mengandung kadar gula yang tinggi juga tidak disarankan sebagai minuman untuk sahur. Kandungan gula yang tinggi dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula dalam darah, tetapi dapat dengan cepat pula menurunkannya kembali. Akibatnya, Anda jadi mudah lemas dan mengantuk.

5. Minuman Soda

Minuman yang mengandung soda tidak dianjurkan sebagai minuman untuk sahur. Apalagi jika mengonsumsinya buka puasa saat perut kosong. Kondisi ini dapat menimbulkan iritasi lambung, terutama bagi Anda yang memiliki sakit maag.

6. Minuman Dingin

Sebaiknya tidak mengonsumsi minuman dingin saat sahur dan buka puasa. Konsumsi minuman dingin dapat mengganggu tenggorokan, dalam keadaan perut kosong juga dapat membuat lambung berkontraksi dan menimbulkan sakit perut.

Bila selama ini Anda mengonsumsi minuman di atas, sebaiknya segera hindari dan ubah dengan mengonsumsi minuman yang sehat dan baik untuk tubuh selama puasa. Minuman terbaik dan sehat yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa adalah air mineral dengan suhu ruangan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pilih Air Mineral Berkualitas

6 Minuman yang Harus Dihindari untuk Jalani Puasa Sehat
Perbesar
Pilih air mineral berkualitas. (Shutterstock)

Pilih air mineral jangan sembarangan, pilih yang berkualitas agar bisa mendapatkan manfaat mineral yang terkandung di dalamnya sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme, meningkatkan daya tahan tubuh dan konsentrasi bekerja lebih optimal saat berpuasa. Salah satunya adalah Le Minerale yang memiliki kandungan mineral alami dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan dan mineral tubuh selama berpuasa.

 

Le Minerale.
Perbesar
Pastikan konsumsi Le Minerale selama Ramada.

Le Minerale diambil  dari sumber mata air pegunungan terpilih dan dikemas langsung di sumbernya menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia. Teknologi mineral protection system ini merupakan perlindungan ganda untuk menjaga kandungan mineral alami dalam air yang ditandai dengan segel rapat dan botol yang keras sebelum dibuka.

Selain kemasan botol yang praktis untuk dibawa kemana saja, Le Minerale juga tersedia dalam ukuran galon untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mineral sehari-hari rumah tangga, termasuk saat sahur dan berbuka puasa. 

Galon Le Minerale selalu baru, 100% eco recyclable dan  sangat mudah di daur ulang sehingga ramah lingkungan. Dilengkapi dengan tutup ulir yang rapat dan kedap udara yang anti rembes dan bebas dari kontaminasi bakteri dan virus  sehingga lebih higienis dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, Galon Le Minerale juga praktis, mudah dibawa dan dipasang. 

Selama berpuasa di rumah, selalu sediakan air mineral berkualitas untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mineral tubuh saat sahur, berbuka dan di malam hari. Pastikan pilih air mineral berkualitas yang mengandung mineral alami seperti Le Minerale.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya