Sukses

Tanpa Masker dan Jaga Jarak, Lebih dari 50 Ribu Orang Nonton Band Rock di Selandia Baru

Para penonton yang hadir di acara musik Selandia Baru itu tidak mengenakan masker dan menjaga jarak, meski tetap diminta masuk ke sistem pelacakan nasional dan mencuci tangan

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari 50 ribu orang di Selandia Baru menghadiri stadion Eden Park untuk menonton band rock Six60. Tanpa masker dan jaga jarak, mereka menikmati pertunjukan musik tersebut.

Konser pada Sabtu lalu waktu setempat tersebut seakan menandakan keberhasilan negara itu dalam mengendalikan pandemi COVID-19 seperti dengan menutup perbatasan serta tes dan pelacakan yang rutin.

"Kota kami menunjukkan kepada dunia pekan ini bahwa di tengah pandemi global, kami bisa hidup mendekati normal di Auckland," kata Walikota Auckland Phil Goff seperti dikutip dari Independent pada Senin (26/5/2021).

Dalam pertunjukkan tersebut, Six60 memberikan penghormatan bagi musisi militer dan mengundang penampil Maori untuk bergabung dengan mereka di atas panggung, dan memainkan lagu dalam bahasa daerah setempat.

Matiu Walters, vokalis Six60 mengatakan bahwa lockdown yang diterapkan beberapa waktu yang lalu menyebalkan. Mereka juga mengaku tidak tahu apakah bisa tampil kembali.

"Namun kami beruntung, karena beberapa alasan, di sini, di Selandia Baru," kata Walters seperti mengutip New York Post.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Masker dan Tanpa Jaga Jarak

Lucy Clumpas, salah seorang penonton dalam pertunjukan itu mengatakan bahwa bisa hadir di konser tersebut terasa seperti mimpi.

"Sangat penting bagi kita sebagai manusia untuk bisa berkumpul dan menyanyikan lagu yang sama bersama-sama," katanya. "Ini membuat kami merasa seperti bagian dari sesuatu."

Mengutip New York Times, penonton yang hadir kebanyakan tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak. Namun, mereka diimbau untuk memindai sistem pelacakan nasional, serta disediakan pembersih tangan di banyak lokasi.

Mereka juga diminta menunjukkan bukti vaksinasi atau hasil tes negatif virus corona.

Tiket untuk acara ini habis terjual hanya dalam beberapa pekan. Pertunjukan ini sendiri menjadi acara musik pertama yang diizinkan di Eden Park.

Sejauh ini, angka kematian akibat COVID-19 di Selandia Baru terbilang rendah yaitu 26 orang. Menurut NY Times, kurang dari 3 persen dari populasi di negara itu juga telah menerima satu dosis vaksin.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: 3 Ketentuan Mudik Lebaran 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.