Sukses

Tak Hanya Tinggi Protein, Kandungan Gizi Tahu dan Tempe Tak Kalah dengan Daging

Tahu dan tempe jadi salah satu sumber protein pengganti daging yang banyak dikonsumsi vegetarian. Namun, kedua makanan dari kedelai ini tak hanya sekadar tinggi protein.

Liputan6.com, Jakarta Tahu dan tempe jadi salah satu sumber protein pengganti daging yang banyak dikonsumsi vegetarian. Namun, kedua makanan dari kedelai ini tak hanya sekadar tinggi protein.

Dikutip dari Prevention, kebanyakan tahu nutrisinya telah diperkaya dengan tambahan kandungan kalsium. Ahli diet dari New York yang mengkhususkan diri pada makanan sehat yang berkelanjutan Abby Cannon menyebut tahu sebagai sumber protein yang luar biasa.

“Ini adalah sumber protein yang luar biasa, protein lengkap, dan tinggi lisin, asam amino esensial yang dapat berkurang dalam pola makan vegan dan vegetarian,” katanya.

Sementara itu, tempe yang dalam pembuatannya memerlukan proses fermentasi membuatnya berada pada kategori makanan probiotik, sama seperti kimchi. 

"Makanan fermentasi apa pun baik untuk kesehatan usus, dan itu berlaku sama untuk tempe," ungkap Cannon.

Tempe juga tinggi protein dan lisin. Namun, kandungan protein pada tempe lebih tinggi daripada tahu.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi Kanker

Cannon mengimbau untuk memilih produk kedelai organik non-transgenik, karena praktik pertanian kedelai konvensional melibatkan banyak pestisida. Pasalnya, kandungan pestisida tersebut dapat memicu kanker.

“Dokter mungkin memberi tahu individu tertentu yang pernah menderita jenis kanker payudara tertentu [kanker payudara reseptor estrogen positif] untuk menghindari kedelai,” kata Cannon.

Namun, sebenarnya kedelai dapat menurunkan risiko kanker payudara. Lebih lanjut, menurut kelompok praktik Nutrisi Onkologi dari American Academy of Nutrition and Dietetics, meskipun kedelai mengandung fitoestrogen (isoflavon, yang memiliki struktur serupa dengan estrogen), ia tidak mengandung estrogen itu sendiri. Bagaimanapun, produk kedelai whole food tidak mengandung banyak isoflavon.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.