Sukses

Pengasuhan Anak Tak Hanya Tugas Ibu, Ayah pun Punya Peran Penting

Ayah dan ibu pun dianggap memiliki peran yang setara dalam pengasuhan anak

Liputan6.com, Jakarta Hari Kartini yang jatuh pada 21 April kemarin menjadi momen sebagai masuknya kesetaraan hak antara perempuan dan laki-laki. Jika selama ini ibu dianggap lebih berperan dalam pengasuhan anak, ayah pun juga memiliki peran yang dinilai penting.

Indonesia Joining Forces to End Violence Against Children (IJF EVAC) mengatakan bahwa penting untuk mewujudkan hak anak atas pengasuhan dari orangtua dengan mengutamakan peran laki-laki sebagai ayah, dalam pengasuhan positif pada anak.

"Di momen hari Kartini ini mari kita merefleksi kembali peran pengasuhan yang setara antara laki-laki dan perempuan di dalam keluarga," kata Selina Patta Sumbung, Ketua IJF EVAC yang juga CEO Save the Children Indonesia, dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com.

"Hal ini dapat menjadi sebuah model pengasuhan positif yang setara untuk menciptakan dan membangun hubungan positif dengan anak," kata Selina, ditulis Kamis (22/4/2021).

Selina mengatakan bahwa laki-laki atau ayah, lebih sering diidentikkan sebagai pencari nafkah utama dan kepala keluarga. Hal ini membuat peran pengasuhan anak di rumah lebih banyak diserahkan pada ibu.

Padahal ayah dinilai mempunyai peran dan kontribusi yang sama sebagai laki-laki dalam pengasuhan.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak

Berbagai hasil studi menjelaskan bahwa keterlibatan ayah dalam mengasuh anak dapat membantu meningkatkan tumbuh kembang dan kemampuan anak seperti fungsi kognitif, hubungan dan perilaku anak di lingkungan sosial hingga kesehatan mental dan fisik anak.

Dalam jurnal Promundo US 2020, peran ayah dalah pengasuhan anak di antaranya adalah:

  1. Ayah memiliki peran kritis dalam pertumbuhan fisik, Kesehatan mental, serta kesejahteraan anak, khususnya di tahun awal usia anak
  2. Ayah memiliki peran yang signifikan dalam pembentukan karakter anak melalui penerapan disiplin di rumah
  3. Peran ayah dalam mendidik anak melalui pengasuhan yang bebas kekerasan memiliki dampak yang mendalam pada relasi anak di masa depan sebagai orangtua dan pasangan
  4. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan tugas-tugas perawatan anak, tidak hanya berdampak pada perkembangan anak, tapi juga memberikan manfaat pada Kesehatan perempuan dan pemberdayaan ekonomi.

Save the Children mengatakan, peran ayah yang aktif dalam pengasuhan positif dalam keluarga juga akan membantu terwujudnya pola pengasuhan anak yang terbebas dari kekerasan, serta terciptanya perlindungan terhadap hak-hak mereka dalam lingkungan terkecil yaitu keluarga.

3 dari 3 halaman

Infografis Stunting, Ancaman Hilangnya Satu Generasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.