Hari Kartini, Penyanyi Muda Hanin Dhiya Bicara Perempuan dan Kesehatan Reproduksi

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 21 Apr 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 15:43 WIB
Hanin Dhiya
Perbesar
Hanin Dhiya. (IST)

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Kartini hari ini, 21 April, penyanyi muda Hanin Dhiya berbicara pandangannya soal perempuan dan kesehatan reproduksi. Ia memaknai Hari Kartini, bahwa perempuan juga punya ruang yang setara dengan laki-laki.

"Memaknai Hari Kartini, saya sebagai milenial adalah sebagai bentuk penghargaan kepada para wanita, khususnya di Indonesia. Karena telah berhasil memperjuangkan haknya untuk mendapatkan setaraan dengan kaum pria," kata Hanin saat acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 di Hari Kartini, Rabu, 21 April 2021.

"Ini juga sekaligus untuk mengenang jasa dari sosok Ibu Kartini yang pada saat itu berjuang untuk keadilan bagi perempuan. Yang pada akhirnya perjuangan beliau saat itu bisa membuat kita perempuan masa kini dapat memiliki kebebasan dan ruang yang setara dengan kaum laki-laki."

Perempuan juga bisa seimbang, berkarya dan berkarier, tanpa melupakan kodratnya.

"Jadi, perempuan hidupnya enggak hanya mentok di rumah aja tapi bisa seimbang. Perempuan juga bisa bebas berkarier bisa berkarya, namun juga tanpa melupakan kodratnya sebagai wanita seutuhnya," imbuh Hanin Dhiya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jaga Kebersihan Organ Reproduksi

Hanin Dhiya
Perbesar
Hanin Dhiya (ist)

Hanin Dhiya, yang merupakan kelahiran 21 Februari 2001 ini juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan organ reproduksi.

Dari yang paling mendasar, mengonsumsi makanan, olahraga dan istirahat yang cukup juga penting. Saya sebagai mahasiswi merasa tugas juga cukup menyita waktu harus begadang, jadi istirahat itu penting," ucapnya.

"Di samping itu, menghindari seks bebas, harus begitu menjaga organ reproduksi yang begitu sensitif."

Hanin merupakan penyanyi muda dengan ciri khas kombinasi lagu yang secara garis besar memberikan warna pop kontemporer.  Tak hanya sebagai penyanyi, Hanin juga seorang Youtuber dan influencer yang mewakili perempuan milenial.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓