Allianz Indonesia Dukung Kesehatan Perempuan dalam APHI 2021

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 21 Apr 2021, 13:47 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 13:07 WIB
Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021
Perbesar
Acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 akan diselenggarakan oleh Liputan6.com bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, 21 April 2021 pukul 11.00-12.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Anugerah Perempuan Hebat Indonesia (APHI), sebuah ajang apresiasi bagi geliat karsa dan laku wanita di Bumi Pertiwi kembali diselenggarakan Liputan6.com. Menyesuaikan dengan situasi pandemi, Anugerah Perempuan Hebat Indonesia tahun ini dikemas secara virtual dengan tema: Tetap Hebat di Masa Pandemi.

Tak hanya menghadirkan momen pemberian penghargaan bagi enam perempuan hebat pilihan tim redaksi media online di bawah EMTEK Group, APHI 2021 yang ditayangkan secara live streaming ini juga menampilkan segmen talkshow sekaligus memperingati Hari Kartini. Dipandu Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo, Sp.OG, diskusi seputar perempuan yang ditayangkan Rabu, 21 April 2021 pukul 11.00 - 12.30 WIB juga menampilkan panelis perempuan hebat dari berbagai latar belakang. 

Mereka adalah Andien Aisyah, selebritas dan penyanyi yang mewakili ibu zaman now; Grand Master Catur Wanita Indonesia Irene Sukandar; penyanyi sekaligus influencer Hanin Dhiya yang mewakili perempuan milenial, serta Direktur Konsumer BRI Handayani yang mewakili perempuan inspiratif. 

Bagi Andien Aisyah, peringatan Hari Kartini bukan sekadar kebaya ataupun perayaan, ada makna yang lebih dalam di balik itu. Andien mengajak untuk lebih memahami apa yang melandasi keinginan besar Kartini mengubah nasib para perempuan. Andien meyakini, manusia, terutama perempuan adalah pilar dari sebuah keluarga. 

"Dan keluarga itu adalah unit terkecil yang mungkin sekali kita asuh yang kemudian berkembang menjadi sebuah masyarakat, hingga akhirnya menjadi bangsa dan negara. Ketika bicara  Hari Kartini, itu tidak jauh-jauh dari bagaimana seorang perempuan bisa 'mengasuh' keluarganya. Dan perempuan yang bisa mengasuh keluarganya adalah perempuan yang sudah sangat mindful dan bisa mengasuh dirinya sendiri," jelasnya. 

Untuk bisa mengasuh keluarga dengan baik, menurut Andien, perempuan harus lebih dulu bisa mengasuh diri sendiri dengan memperhatikan kesehatan jiwa dan raga serta mempunyai skala prioritas dalam keseharian dan memastikan keseimbangan hidup.  

Sementara itu, Grandmaster Catur Wanita Pertama Indonesia, Irene Kharisma Sukandar memaknai Hari Kartini melalui perjuangan sang pahlawan dalam mengupayan kesetaraan pendidikan bagi perempuan dan laki-laki. Menurutnya, hal itu merupakani landasan kuat yang harus terus diperjuangkan. Adalah tugas setiap orang sebagai generasi penerus perjuangan R.A Kartini agar tetap mengukir prestasi.

“Saya melihat banyak sekali prestasi-prestasi yang sudah diraih oleh perempuan-perempuan Indonesia dan ini tidak boleh berhenti sampai di sini,” ujar Irene dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 Liputan6.com, Rabu (21/4/2021).

Ia menambahkan, masih banyak pekerjaan rumah (PR) untuk generasi penerus memajukan negeri ini. Apa yang sudah diraih selama ini bisa menjadi fondasi dan inspirasi bagi generasi-generasi selanjutnya. 

Talkshow "Perempuan Sehat, Indonesia Hebat" yang digelar bertepatan dengan peringatan Hari Kartini ini didukung oleh Allianz Indonesia. Allianz Indonesia menyadari betapa besar dan pentingnya Peranan Perempuan Indonesia selama satu tahun terakhir dalam menentukan ketangguhan keluarga dan bangsa dalam menghadapi Pandemi, khususnya terkait kondisi dan kenyataan bahwa banyak sekali hal yang harus dihadapi dan ditangani oleh perempuan.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dukungan Allianz

Screenshoot  Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021
Perbesar
Screenshoot Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021

Berikut hal-hal yang dihadapi para perempuan di masa pandemi:

o Perempuan dituntut untuk bisa membagi peran untuk keluarga, pekerjaan, bahkan masyarakat

o Perempuan berperan penting bagi berjalannya proses learning from home atau SFH dengan lancar untuk anak2

o Peranan penting perempuan dalam eksternal keluarga sebagai pendukung ataupun tulang punggung pencari nafkah utama keluarga,

o Perempuan berperan penting dalam pengaturan keuangan sebagai menteri keuangan keluarga untuk bisa tetap bertahan di masa pandemi (menyiapkan dana darurat, menyiasati pengeluaran, mengalokasikan tabungan dan asuransi untuk memastikan semua tujuan yang ingin dicapai bisa terwujud).

o Peran perempuan menumbuhkan suasana dan mindset positif, menciptakan ketangguhan dalam keluarga saat menghadapi pandemi

o Pentingnya perempuan mengutamakan kesehatan diri sendiri, baik kesehatan fisik maupun mental termasuk juga di dalamnya mengendalikan rasa stress dan positivity

o Peranan penting perempuan dalam internal keluarga sebagai penjaga utama keluarga memastikan keluarga sehat dan tidak terkena COVID-19 (makanan, gizi, obat-obatan, prokes 'ingat pesan ibu', dll) 

Tak dimungkiri, pandemi telah mengubah berbagai sisi kehidupan lebih dari setahun belakangan. Hal itu juga menjadi tantangan tersendiri bagi perempuan yang sejatinya memlliki berbagai peran dalam kehidupan, seperti disampaikan Chief Marketing Officer Allianz LifeIndonesia Karin Zulkarnaen. 

“Pandemi telah mengubah berbagai sisi kehidupan selama setahun belakangan ini. Dalam hal ini, disamping dari banyaknya tantangan yang dihadapi, perempuan memiliki banyak sekali peran. Mulai dari sebagai istri, ibu, anak, juga sebagai pengusaha maupun pekerja profesional. Sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, Allianz Indonesia senantiasa memberikan solusi dan layanan perlindungan asuransi terbaik, serta memberikan nilai tambah berupa informasi dan pengetahuan yang relevan dengan situasi terkini. Peran perempuan inilah yang patut didukung dan diapresiasi.” 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis

Infografis Kartini
Perbesar
Infografis Kartini
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Juga Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓