Sukses

Menkes Budi: Jangan Sampai Program Vaksinasi COVID-19 buat Kita Tak Waspada

Menkes Budi tegaskan jangan sampai program vaksinasi COVID-19 membuat kita tak waspada.

Liputan6.com, Tangerang Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan, jangan sampai program vaksinasi COVID-19 yang sedan berjalan membuat kita tak waspada. Pesan tersebut disampaikan Budi saat menyambut kedatangan vaksin Sinovac tahap ke-8.

Sikap waspada harus tetap ada, terlebih lagi terjadi lonjakan kasus COVID-19 di berbagai negara Eropa, Asia, dan Amerika.

"Saya titip pesan untuk seluruh media, Kepala Daerah, Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Kita melihat ada kenaikan lonjakan COVID-19 yang tinggi di negara-negara di Eropa, Asia, khususnya India, Filipina juga," ucap Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4/2021).

"Di Papua Nugini juga di negara Amerika Selatan, seperti Chili dan Brasil terjadi kenaikan. Perlu saya ingatkan di sini, jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita tidak waspada."

Dalam hal ini juga penularan virus Corona masih ada. Masyarakat diminta patuhi protokol kesehatan.

"Penularan virus Corona masih menular dan ada, Kita harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan. Sekali lagi jangan sampai program vaksinasi yang sudah berjalan, program PPKM yang bisa menurunkan kasus, membuat kita menjadi tidak waspada," terang Budi Gunadi.

"Atau membuat kita menjadi tidak hati-hati, karena lonjakan bisa terjadi lagi. Usaha keras kita nanti selama ini jadi sia-sia, karena kita lupa, kurang waspada. Tetap menjalankan protokol kesehatan dan prioritas vaksinasi, terutama para lansia."

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prioritas Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia

Dalam sebulan ini, Budi Gunadi Sadikin juga berpesan, prioritas vaksinasi COVID-19 diberikan untuk lansia. Terlebih lagi selama bulan Ramadan 2021, ada kemungkinan anggota keluarga ingin bertemu dengan orangtuanya, terutama yang berusia di atas 60 tahun.

"Penting juga diingat bahwa saat Ramadan, kemungkinan banyak keluarga yang ingin bertemu orangtuanya sangat tinggi," pesannya.

"Jadi, tolong dipastikan dalam sebulan ini, prioritas diberikan vaksinasi kepada para lansia. Ya, sehingga mereka yang termasuk senior-senior ini bisa kita lindungi."

Para lansia yang sudah divaksin COVID-19 diharapkan terlindungi dan imunitas menjadi baik. Ini karena lansia merupakan kelompok yang rentan terpapar penularan virus Corona.

"Kalau nanti dikunjungi oleh keluarganya, mereka sudah relatif imunitasnya lebih baik," lanjut Menkes Budi Gunadi.

3 dari 3 halaman

Infografis Waspadai 3 Gejala Khusus Covid-19 pada Lansia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.