Sukses

Manfaat Minum Dua Gelas Susu Selama Puasa Ramadan

Susu menyimpang segudang manfaat yang berguna untuk mereka yang akan puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan puasa Ramadan di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia bukanlah hal mudah. Makanan yang akan disantap setiap harinya harus diperhatikan betul. 

Selain berguna untuk menahan agar tak mudah lapar ketika puasa selama belasan jam, makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh biar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Di tengah pandemi COVID-19, asupan makanan dan minuman yang bergizi tinggi sangat diperlukan untuk memerkuat daya tahan tubuh, salah satunya melalui konsumsi susu segar.

President of Indonesian Nutrition Association (INA) sekaligus Dokter Spesialis Gizi Klinis, Dr dr Luciana B Sutanto MS SpGK mengatakan bahwa pada dasarnya, selama bulan puasa tetap harus mengonsumsi makan sehat dan kebutuhan zat gizi harus tetap terpenuhi, termasuk susu.

Luciana, menjelaskan, selain mengandung protein hewani, susu juga mengandung zat gizi lain seperti karbohidrat, lemak, laktosa, vitamin dan mineral. Guna memeroleh manfaat dari susu, orang yang sedang berpuasa bisa minum susu sebanyak dua gelas sehari, di waktu sahur dan berbuka, untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan berbagai gizi.

“Saat puasa, susu dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pilihan sehat takjil, dapat diminum sendiri atau dicampur makanan. Bukan hanya di saat berbuka puasa, saat sahur juga kita bisa minum susu” kata Dokter Luciana dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu, 14 April 2021.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsumsi Susu Selama Puasa Ramadan

Hometown Dairy memiliki kepedulian tinggi terhadap pemenuhan gizi masyarakat dan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga imunitas saat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan selalu mengonsumsi susu segar.

Bulan puasa sangat identik dengan memersiapkan berbagai makanan dan minuman bergizi, juga memerlukan tambahan nutrisi dari susu. Minum susu segar saat berbuka puasa dapat menambah stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh, terlebih saat ini kita masih dihadapkan pada pandemi COVID-19 yang mengharuskan untuk tetap menjaga imunitas saat menjalankan ibadah puasa.

Kegiatan sekolah dan bekerja masih banyak dilakukan di rumah. Oleh sebab itu, Hometown Dairy meluncurkan Happy with Hometown Ramadan Series. Diskusi yang membahas kebaikan susu Hometown Dairy bersama para ahli.

Dalam diskusi perdana pada 10 April 2021, hadir sebagai moderator Debie Octaria, dan President of Indonesian Nutrition Association (INA) sekaligus Dokter Spesialis Gizi Klinis, Dr dr Luciana B Sutanto MS SpGK, serta ahli-ahli di bidang lainnya. 

Sepanjang bulan Ramadan 2021 ini, akan diadakan empat sesi yang bertujuan untuk edukasi keluarga di rumah tetap happy menjalankan aktivitas. Happy at Home with Hometown akan diadakan setiap Sabtu, pukul 11.00 dan dapat disaksikan di Instagram Live @hometowndairy.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.