BPBD Kabupaten Malang Terima Bantuan 1.000 Karton Air Mineral dan Produk Nutrisi Lainnya

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 14 Apr 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 08:46 WIB
Keluhan Warga Soal Penanganan Pasca Bencana Gempa Di Malang
Perbesar
Rumah warga di Desa Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, rusak parah terdampak gempa yang terjadi pada Sabtu, 10 April 2021 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan kekuatan 6,1 menggetarkan wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 10 April 2021. Dan, pada Minggu, 11 April 2021, terjadi gempa susulan dengan magnitudo 5,5.

Informasi ini disampaikan Kepala Badan Mitigasi dan Gempa Bumi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono.

Sebagai bentuk bantuan untuk meringankan beban korban gempa, Danone Indonesia menyalurkan 1.000 karton air mineral 600 ml, 100 karton mi instan, ratusan produk nutrisi, 3.500 masker kesehatan untuk masyarakat korban gempa Jawa Timur yang tersebar di wilayah Malang dan Blitar.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Bambang Istijawan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang di Posko Bantuan Malang.

Menurut data BPBD, terdapat 4 kecamatan yang cukup parah terdampak di Kabupaten Malang, yaitu Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit dan Sumbermanjing Wetan. Selain Malang dan Lumajang, di Kabupaten Blitar juga tercatat masyarakat yang terdampak.

 “Oleh karena itu kami berupaya memberikan respons cepat dengan menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak,” ujar Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, mengutip keterangan pers, Rabu (14/4/2021).

“Kami menyadari bahwa ketersediaan air minum yang bersih dan berkualitas menjadi hal yang sangat dibutuhkan tidak hanya korban tetapi juga oleh tim penyelamat yang melakukan tugas evakuasi maupun penyelematan”, Arif menambahkan.

2 dari 4 halaman

Bantuan Sebelumnya

Bantuan danone
Perbesar
bantuan danone. Foto: Danone Indonesia.

Arif menambahkan, Danone Indonesia juga turut memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana di berbagai daerah di Indonesia, misalnya bencana Poso, Palu-Donggala, gempa Lombok, banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Sukabumi, banjir besar di Jabodetabek, banjir bandang di daerah Gunung Mas Puncak, ataupun bencana longsor yang sempat terjadi di Subang. Terakhir adalah bantuan kepada masyarakat terdampak Bencana di NTT.

Pihak Danone Indonesia melakukan beberapa inisiatif untuk membantu korban dan masyarakat yang terdampak dengan menurunkan tim cepat tanggap untuk membantu korban, membangun posko kesehatan, serta menyalurkan berbagai produk hidrasi dan nutrisi untuk masyarakat yang terdampak.

Gempa bermagnitudo 6.7 SR di Malang Sabtu lalu membawa dampak kerusakan yang tersebar dari Probolinggo, Lumajang, Malang, Blitar, dan pesisir selatan Jawa Timur, bahkan juga dirasakan sampai Lombok.

3 dari 4 halaman

Infografis Gempa Malang Alarm Bencana Besar Berikutnya?

Infografis Gempa Malang Alarm Bencana Besar Berikutnya? (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Gempa Malang Alarm Bencana Besar Berikutnya? (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓