Sukses

2 Jenis Vaksin COVID-19 sedang Uji Klinik di Indonesia

Ada 2 jenis vaksin COVID-19 sedang uji klinik di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ada dua jenis vaksin COVID-19 yang sedang uji klinik di Indonesia. Uji klinik tersebut dilakukan pada fase 2 dan 3. Sebelumnya, Indonesia sudah melakukan uji klinik untuk vaksin Sinovac asal Tiongkok di Bandung, Jawa Barat.

Saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengungkapkan, dua jenis vaksin COVID-19 dalam uji klinik adalah vaksin Anhui (Z.2001) dan Genexin (GX 19 N).

Pertama, vaksin Anhui bekerja sama dengan BCHT-Jbio. Vaksin dari platform rekombinan protein sub unit.

"Uji klinik fase 3 telah dilaksanakan di dua center uji klinik, yaitu Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Indonesia, dengan jumlah subjek yang direncanakan sebanyak 4.000 orang," ungkap Penny di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, ditulis Selasa (13/4/2021).

"Saya kira juga sudah sudah berjalan rekruitmen subjek. Perkiraan uji kinik 3 selesai Juli 2021. Estimasi mendapatkan izin darurat penggunaan (Emergency Use Authorization/EUA) Juli atau awal Agustus 2021."

Setelah izin darurat keluar, diharapkan rencana impor vaksin COVID-19 Anhui sekitar Agustus 2021.

"Mereka komtimen suplai 10 juta dosis per bulan. Tentunya, perlu ada komunikasi lebih lanjut lagi antara Anhui dengan Bio Farma," imbuh Penny.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Klinik Vaksin Genexin

Kedua, vaksin Genexin juga dalam uji klinik di Indonesia. Uji klinik pun termasuk baru direncanakan dilakukan pada fase 2 dan 3.

"Genexin dari Korea Selatan bekerja sama dengan PT Kalbe Farma. Platform vaksin digunakan dari DNA vaccine. Uji klinik fase 2 dan 3 akan dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang direncanakan akan dimulai pada Mei 2021," Penny k. Lukito menambahkan.

"Uji klinik dapat diselesaikan pada Oktober 2021. Estimasi EUA bisa diberikan sekitar November 2021, sedangkan estimasi importasi pada Desember 2021."

Genexin Korea berkomitmen mengirimkan 2 juta dosis vaksin COVID-19 per bulan.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Deretan negara yang gratiskan vaksin Covid-19 ke warganya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.