Sukses

Apa yang Terjadi Sama Usus Kecil Saat Kemasukan Alkohol?

Alkohol membawa dampak bagi kesehatan usus kecil dan usus besar yang bisa menyebabkan kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Usus kecil adalah bagian dari sistem pencernaan yang merupakan tempat penyerapan sebagian besar nutrisi. Lantas, apa yang bakal terjadi jika alkohol masuk ke usus kecil?

Menurut Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, SpPD-KGEH dari Divisi Gastroenterologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), kehadiran alkohol di usus kecil akan menghadirkan gangguan absorbsi (penyerapan) dan fungsi enzim.

“Jadi, kemampuan usus kecil untuk memilah-milah akan berkurang sehingga mengakibatkan risiko bakteri pada darah dan intoksikasi toksin (endotoksin),” ujar Murdani dalam seminar daring Medicine UI ditulis Senin, 12 April 2021.

Selain itu, toksin atau racun bisa timbul di dalam darah kemudian masuk ke liver. Pada akhirnya, alkohol bisa memicu gangguan liver atau hati.

“Kehadiran alkohol di rongga usus kecil ini dapat menyebabkan mukosa usus kecil di samping menimbulkan gangguan gerakan usus kecil," Mardini menambahkan.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pada Usus Besar

Setelah melalui usus kecil, alkohol akan masuk ke usus besar. Menurut Murdani, kehadiran alkohol di usus besar ini akan memicu gangguan motilitas atau gerakan usus.

Pada sebagian orang, masuknya alkohol ke dalam usus besar dapat menimbulkan diare kronis dan intoleransi laktosa akibat gangguan enzim.

“Salah satu efek yang harus menjadi perhatian kita bahwa sejumlah kanker termasuk kanker saluran cerna dilaporkan meningkat seiring peningkatan asupan alkohol,” katanya.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa alkohol menjadi pemicu kanker baik secara epidemiologis maupun klinis. Penelitian-penelitian menyimpulkan bahwa salah satu pemicu timbulnya kanker di saluran cerna adalah alkohol, kata Murdani.

“Malah, di sejumlah laporan lain disebutkan bahwa konsumsi alkohol juga dikaitkan dengan kejadian sesudah kanker di luar saluran cerna. Jadi ini adalah zat toksik yang harus dihindari," Murdani menambahkan.

Selain pada usus kecil dan usus besar, alkohol juga memiliki dampak negatif bagi saluran cerna lainnya. Seperti disampaikan Murdani, saluran cerna bukan sekadar maag dan lambung tapi dimulai dari mulut hingga anus.

Pada mulut, alkohol bisa menyebabkan kanker mulut, begitu pula pada lambung, alkohol dapat menyebabkan kanker lambung.

3 dari 3 halaman

Infografis Poin-Poin Penting Usulan RUU Larangan Minuman Beralkohol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.