Sukses

Aktivitas di Siang Hari, Ini Tips Agar Kulit Nggak Alami Sunburn

saat keluar rumah, kamu nggak cuma perlu menggunakan kacamata atau topi saja, ada hal lain yang kamu perlukan agar kulit terjaga dari sinar UVA dan UVB.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kita tengah menghadapi cuaca pancaroba. Siang hari panas terik dan sore menjelang malam biasanya hujan. Nggak jarang kita merasa serba salah, malas keluar rumah saat siang hari, tapi nggak mau juga basah-basahan karena terkena air hujan.

Nah pastinya menjadi tantangan tersendiri ketika kita harus keluar rumah dan mulai menjalankan aktivitas di siang hari. Apalagi buat perempuan, cuaca panas kerap membuat kulit kita terbakar karena sengatan matahari.

Oleh karena itu, saat keluar rumah, kamu nggak cuma perlu menggunakan kacamata atau topi saja. Ada hal lain yang kamu perlukan agar kulit terjaga dari sinar UVA dan UVB. Berikut tips yang bisa kamu ikuti:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jenis Pakaian

Waktu terbaik keluar rumah di siang hari memang idealnya sebelum jam 10 pagi. Namun jika terpaksa keluar rumah di atas jam 10 pagi, ada baiknya kamu menyiasati diri dengan menggunakan pakaian yang tepat.

Misalnya hindari menggunakan pakaian berwarna hitam karena bisa bikin kamu lebih gerah dan merasa panas. Oh ya, baju warna gelap atau hitam yang digunakan saat siang hari akan menyebarkan suhu panas ke seluruh tubuh. Itu karena pakaian warna gelap tidak memantulkan lagi panas yang diserap.

Lalu andalkan juga pakaian berlengan panjang. Tujuannya tak lain untuk menghindari sengatan panas matahari ke kulit. Kalau nggak mau pakaian lengan panjang, kamu bisa manfaatkan jaket tipis kok!

 

3 dari 4 halaman

2. Pengaruh Makanan yang Dikonsumsi

Nggak banyak yang sadar bahwa makanan juga berpengaruh lho pada perlindungan kulit. Mulai sekarang ada baiknya kamu menghindari produk makanan olahan yang dapat menimbulkan efek negatif ke kulit, seperti sunburn.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak Omega 3 dan hindari makan makanan dengan kandungan gula tinggi, berlemak, dan digoreng.

 

4 dari 4 halaman

3. Aplikasikan Tabir Surya

Sebenarnya tabir surya menjadi salah satu produk kecantikan yang wajib diaplikasikan sehari-hari. Bahkan di dalam ruangan pun, kamu tetap harus mengaplikasikan tabir surya lho.

Nah untuk menghindari kulit kusam dan terbakar karena sengatan panas matahari hingga menyebabkan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, mulailah menggunakan sunscreen secara rutin setiap hari.

Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu, serta sunscreen dengan Sun Protection Factor (SPF) minimal 30 untuk menghalangi sinar UVB. Akan lebih baik hasilnya, jika memilih produk yang memberikan perlindungan tinggi dari dampak buruk sinar UVB dengan SPF 50+ dan PA++++ untuk melindungi dari efek negatif UVA yang dapat mengurangi elastisitas kulit.

Selain itu, dermatologi juga menganjurkan untuk memilih produk yang telah lulus uji ketahanan air. Untuk jadi bahan pertimbanganmu, pilih produk dengan Watery Essence yang dapat memberikan rasa ringan, nggak lengket, dan bikin berminyak. Jadi nggak bikin whitecast yang tentunya mengganggu penampilanmu.

Untuk #ProtectFromSunsport, aplikasikan sunscreen 20 menit sebelum beraktivitas dan re-apply setiap dua jam sekali ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini