Sukses

Ketahui Macam-Macam Manfaat Lemon untuk Bersihkan Alat Rumah Tangga

Lemon tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih alami.

Liputan6.com, Jakarta - Lemon tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih alami. Bahkan, buah yang kaya vitamin C ini bisa membuat peralatan rumah tangga jadi kembali berkilau!

Berikut sederet kegunaan lemon untuk membersihkan peralatan rumah tangga, seperti dilansir laman Daily Star, Sabtu, 3 April 2021.

1. Membersihkan Oven

Memanggang kue atau pun masakan menggunakan oven bisa jadi terapi dan menyenangkan. Tapi lain cerita tatkala harus membersihkannya. Bagi banyak orang, membersihkan oven adalah pekerjaan rumah tersulit.

Meski demikian, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan dalam waktu kurang dari satu jam untuk mendapatkan oven yang kembali bersih berkilau. Caranya tentu saja dengan lemon.

Pertama, iris lemon menjadi setengah dan oleskan bulir-bulir lemon di seluruh permukaan oven. Biarkan selama 30 menit sebelum mengelapnya dengan lap lembap untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan kotoran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hilangkan Kerak

2. Hilangkan Kerak dari Cerek

Campurkan sari lemon dan air dingin dengan perbandingan setengah banding setengah dan masukkan dalam cerek. Penuhi dengan campuran cairan tersebut hingga hampir penuh.

Biarkan hingga kurang lebih satu jam sehingga asam alami dari sari lemon menghancurkan kotoran.

Setelah satu jam, jerang air di dalam cerek hingga kerak luruh.

 

3 dari 5 halaman

Bersihkan Stainless Steel

3. Bersihkan Tempat Cuci Piring

Pasta yang terbuat dari baking soda dan sari lemon bisa gunakan untuk membersihkan tempat cuci piring yang terbuat dari bahan stainless steel.

Letakkan pasta baking soda dan sari lemon pada kain bersih lalu gosokkan pada permukaan tempat cuci piring. Kombinasi asam sitrat dalam sari lemon serta bahan abrasif alami baking soda akan menghilangkan kotoran serta kerak dari tempat cuci piring. Hasilnya tempat cuci pirin akan kembali bersih berkilau.

 

4 dari 5 halaman

Hilangkan Sisa Minyak dan Bau

4. Menghilangkan Sisa Minyak pada Wajan

Usai menumis atau menggoreng makanan yang menggunakan cukup banyak minyak, terkadang mencuci dengan sabun cuci piring masih meninggalkan sedikit jejak minyak.

Mencampur sedikit sari lemon dengan cairan pencuci piring bisa membantu mengenyahkan sisa minyak membandel di wajan. Asam dalam sari lemon akan membuat minyak luntur dalam sekejap.

5. Menghilangkan Bau pada Talenan Kayu

Talenan kayu yang kerap digunakan untuk memotong bahan masakan lama-kelamaan akan menjadi bau. Terutama jika tak pandai membersihkannya. Untungnya ada cara mudah untuk menghilangkan bau pada talenan kayu.

Taburkan garam pada permukaan talenan dan iris lemon lalu gosokkan pada permukaan talenan selama dua hingga tiga menit.

Setelah itu, rendam talenan kayu dalam air panas yang dicampur sisa sari lemon selama lima menit. Lalu keringkan.

 

 

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini