Sukses

Diabetes? Hindari Konsumsi Buah Ini

The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai bentuk diet seimbang menjaga pola makan.Tetapi beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Buah memang pilihan camilan terbaik. Selain menyehatkan, konsumsi buah juga bagian dari makanan seimbang. Karena, buah mengandung banyak nutrisi seimbang seperti serat. Tetapi beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan gula darah melonjak naik.

Dilansir dari Medical News Today, The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai bentuk diet seimbang menjaga pola makan.

Selain bermanfaat bagi penderita diabetes, buah-buahan serta sayuran dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan kanker.

Meski mengandung berbagai sumber vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi kesehatan tubuh, buah juga bisa mengandung gula yang tinggi. Hal ini penting untuk menjadi perhatian penderita diabetes yang ingin mengonsumsi buah, agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Tingginya kandungan gula dalam buah dapat dilihat berdasarkan Indeks Glikemik (GI). Apabila memiliki skor GI antara 70 dan 100, artinya buah tersebut mengandung gula yang tinggi.

Buah yang berada pada kisaran Indeks Glikemik 70 dan 100, diantaranya: semangka, kurma kering, nanas, atau pisang yang terlalu matang.

Sebenarnya buah-buahan ini masih dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, tetapi dalam jumlah yang sedang dan tidak berlebihan.

Konsumsi buah dengan skor GI dibawah 70 atau lebih rendah dalam porsi besar dianggap lebih cocok untuk penderita diabetes.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
3 dari 3 halaman

Infografis Tips Menghindari Penularan COVID-19 Bagi Penderita Diabetes

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.