Sukses

Berbagai Manfaat Kesehatan dari Puasa, Kurangi Peradangan hingga Tingkatkan Fungsi Otak

Puasa membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh hingga meningkatkan fungsi otak dan mencegah gangguan neurodegeneratif (penurunan fungsi saraf otak).

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi, umat Muslim akan memasuki Ramadan dan menjalankan ibadah puasa. Praktik puasa telah ada sejak berabad-abad lalu. Selain sebagai bagian dari ibadah agama, saat ini puasa sudah menjadi kebiasaan atau gaya hidup beberapa orang.

Puasa sendiri beragam bentuknya, mulai dari berpantang mengonsumsi jenis makanan tertentu atau hanya membatasinya.

Durasi lamanya melakukan puasa juga berbeda-beda, umumnya 24 hingga 72 jam membatasi asupan makanan dengan cara yang sehat.

Dilansir dari Menfn, puasa membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan berat badan, menyehatkan kerja jantung, mengurangi kolestrol jahat, meningkatkan fungsi otak dan mencegah gangguan neurodegeneratif (penurunan fungsi saraf otak).

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengurangi Peradangan

Puasa dapat mengurangi peradangan dan mempercepat proses inflamasi tubuh. percepatan proses inflamasi ini, mampu mencegah tubuh terkena infeksi secara alami.

3 dari 6 halaman

Mengurangi Berat Badan

Puasa dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, hal ini efektif dalam menurunkan berat badan. Pembatasan makanan selama jangka waktu tertentu membuat asupan kalori secara keseluruhan menurun, sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

Teknik puasa intermiten, menjadi metode populer dalam mengatur puasa dan siklus makan. Penerapan ini terbukti efektif dalam menurunkan massa lemak hingga 16 persen.  

4 dari 6 halaman

Menyehatkan Jantung

Hasil studi yang dilakukan pada 110 partisipan dengan obesitas, menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat.

Puasa rutin juga berkaitan dengan penurunan risiko penyakit arteri koroner dan diabetes yang menjadi penyumbang utama penyakit jantung.

Selain berpuasa, konsumsi makanan sehat dan mempertahankan gaya hidup aktif merupakan kunci mengurangi risiko penyakit jantung.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Gangguan Neurodegeneratif

Manfaat lain dari berpuasa adalah meningkatkan fungsi otak. Apabila fungsi otak meningkat, maka gangguan neurodegeneratif (penurunan fungsi saraf otak) dapat dicegah. Gangguan neurodegeneratif yang mampu dicegah melalui puasa yakni penurunan risiko penyakit alzheimer dan parkinson.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

6 dari 6 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.