Sukses

Per 1 April 2021, Thailand Izinkan Wisman yang Sudah Vaksinasi COVID-19 Masuk Phuket Tanpa Karantina

Thailand berencana untuk kembali menghidupkan pariwisata mereka dengan mengizinkan wsawatan mancanegara yang telah divaksinasi COVID-19 untuk berkunjung tanpa perlu menjalani karantina

Liputan6.com, Jakarta - Thailand berencana untuk kembali menghidupkan pariwisata mereka dengan mengizinkan wisawatan mancanegara yang telah divaksinasi COVID-19  berkunjung tanpa perlu menjalani karantina saat masuk ke negara tersebut (quarantine on arrival). Namun, lokasi yang bisa dikunjungi terbatas pada pulau paling selatan Thailand yakni Phuket.

Mulai April, Thailand juga akan memperpendek masa karantina kedatangan dari luar negeri ke negara tersebut menjadi 10 hari, setelah sebelumnya ditetapkan 14 hari.

Industri pariwisata Negeri Gajah Putih itu menjadi sangat sepi tahun lalu ketika kedatangan dari luar negeri dibatasi demi mencegah penyebaran virus Corona.

Rencananya, aturan pariwisata tanpa masa karantina di Phuket itu bakal dimulai Juli mendatang. Jika berhasil, destinasi wisata lain di Thailand seperti Pulau Samui, Krabi, Pattaya, dan Chiangmai akan menyusul skema serupa pada Oktober 2021. Hal ini disampaikan Otoritas Tourisme Thailand Yuthasak Supasor, melansir laman New York Post.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libatkan Skema Vaksinasi COVID-19

Rencana Phuket akan dibuka bagi wisman yang telah divaksinasi ini telah mendapat persetujuan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha yang mewakili Center for Economic Situation Administration Thailand, Jumat, 25 Maret 2021. Meski demikian, rencana tersebut masih menunggu persetujuan final dari Gubernur Phuket serta Center for COVID-19 Situation Administration.

Thailand telah beberapa kali menunda rencana pembukaan kembali pariwisata dalam negeri mereka mengingat pandemi semakin meluas di dunia.

Rencana pembukaan kembali Phuket sebagai destinasi wisata juga melibatkan skema vaksinasi sekitar 450 ribu atau 70 persen penduduk Phuket yang dilaksanakan sebelum Juli. Inokulasi atau vaksinasi 70 akan dimulai pada April 2021.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.