Sukses

Sakit Perut Tak Kunjung Reda, Ada Cacing Pita 18 Meter dalam Tubuh Pria di Thailand

Dokter mengatakan bahwa cacing pita parasit tersebut masuk ke tubuh pria Thailand itu dari daging mentah yang dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria di Thailand mendatangi rumah sakit dengan keluhan sakit perut yang tak kunjung reda. Saat itu, pasien 67 tahun itu tidak tahu bahwa ada cacing pita yang sangat panjang di dalam tubuhnya.

Kejadian itu terjadi di Nong Khai. Pemeriksaan medis mencatat bahwa pria tersebut tidak memiliki riwayat medis yang menunjukkan kemungkinan diagnosis apapun.

Sejumlah tes pun dilakukan. Sampel tinja pasien lalu diambil untuk dianalisa oleh para hali di Parasitic Disease Research Centre.

Dikutip dari News18 pada Jumat (26/3/2021), laboratorium menemukan 28 telur parasit dalam sampel tinja. Temuan tersebut dilaporkan ke rumah sakit dan pria tersebut diberikan obat cacing pada malam hari.

20 Maret pagi, dokter menemukan cacing pita berukuran 59 kaki atau sekitar 18 meter keluar dari bokongnya. "Itu sangat besar dan butuh waktu beberapa saat untuk meletakkan semuanya di atas tanah," kata petugas yang menangani pria tersebut.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akibat Makan Daging Mentah

Mengutip Daily Star, juru bicara Parasitic Disease Research Centre mengatakan bahwa parasit berjenis Taenia Saginata tersebut merupakan cacing pita terpanjang yang ditemukan di Thailand dalam 50 tahun terakhir.

Para dokter meyakini bahwa parasit tersebut masuk ke dalam tubuhnya karena ia mengonsumsi daging sapi yang terinfeksi dan tidak dimasak.

"Penularan disebabkan oleh makan daging mentah," kata Schawanya Rattanapitoon, dokter yang memimpin tim tersebut. "Parasit ini dapat hidup pada manusia selama lebih dari 30 tahun."

Pasien pun diberikan obat. Selain itu, ia diminta untuk mengubah kebiasaan makannya.

"Kami telah menyarankan agar keluarga pasien juga menjalani tes medis untuk mengetahui apakah mereka memiliki parasit karena mereka juga berisiko," kata Rattanapitoon.

"Kami memperingatkan mereka untuk tidak terus mengkonsumsi daging mentah karena itulah salah satu penyebab utama parasit di dalam tubuh," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.