Sukses

Di World Oral Health Day, Tasya Kamila Berbagi Trik Agar Si Kecil Rutin Sikat Gigi

Tasya menanamkan rutinitas dan kebiasaan penting yang sejak dini adalah menjagakeseharan gigi dan mulut.

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia atau World Oral Health Day (20 Maret) pada tahun 2021 kembali berlangsung. Namun kali ini sedikit berbeda karena kita masih berada ditengah situasi pandemi. Meski begitu, tidak menyurutkan brand pasta gigi Pepsodent untuk terus memberikan edukasikebiasaan baik merawat kesehatangigi dan mulut sejak dini.

Kebiasaan merawat dan menyikat gigi perlu ditanamkan sejak dini. Sebab kesehatan gigi dan mulut memiliki korelasi besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan dan tumbuh kembang si Kecil. Untuk menggaungkan pentingnya merawat dan menyikat gigi, Pepsodent bekerja sama dengan Fimela menyelenggarakan Festival Senyum Pepsodent bertajuk "Senyum Sehat untuk Hidup yang Lebih Sehat" pada hari Sabtu 20 Maret 2021, disiarkan secara live streaming melalui Vidio.com dan aplikasi Zoom.

Hadir sebagai narasumber Festival Senyum Pepsodent, Tasya Kamila sangat antusias menceritakan perkembangan buah hatinya, Arasya yang kini sedang memasuki golden age. Mantan penyanyi cilik ini mengaku sangat memperhatikan tumbuh kembang si Kecil, mulai dari memperhatikan nutrisinya, stimulasi dan edukasi, termasuk menentukan rutinitas sehari-hari. Salah satu rutinitas dan kebiasaan penting yang ditanamkan oleh Tasya kepada Arasya sejak dini adalah menjagakeseharan gigi dan mulut.

"Aku biasakan Arasya mulai sikat gigi dari dia baru tumbuh gigi sampai sekarang. Dari belum ada giginya juga sudah mulai dibiasakan untuk merawat kesehatan mulut. Aku pun tunjukin ke Arasya kalau mama papa juga sikat gigi lho. Dia lihat sendiri kalau aku dan suami aku lagi sikat gigi," ujar Tasya.

"Dari masih bayi dibiasakan dibersihkan lidahnya pakai kain kasa dan air hangat sampai kemudian tumbuh satu gigi, sampai sekarang," tambah Tasya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tasya Nyanyikan Jingle Pepsodent

Menariknya, Tasya punya cara yang menyenangkan untuk mengajak buah hatinya agar selalu semangat menyikat gigi dua kali sehari, setiap pagi setelah makan dan malam sebelum tidur yakni dengan bernyanyi. Bukan sembarang nyanyian, melainkan jingle fenomenal Pepsodent. Tasya lantas menyanyikan jingle tersebut secara langsung dengan perasaan riang.

"Aku gigi, mulut rumahku agar sehat dan kuat aku harus disikat, setiap hari. Sehabis makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi pepsodent. Makan makanan bergizi dan setiap 6 bulan sekali pergi ke dokter gigi. Sehat selalu, senang rasanya."

"Aku nyanyi seperti itu jadi senang rasanya kalau dia sikat gigi. Aku dan suami aku membuat kegiatan sikat gigi jadi rutinitas yang menyenangkan," ujar Tasya.

Tasya menegaskan ketika anak-anak mencoba sesuatu yang baru pasti ada rasa gak nyaman atau takut-takut. Maka dari itu, orang tua harus membuat kegiatan yang menyenangkan.

"Ketika kita sikat gigi di malam hari diajak anaknya. Ayo bareng-bareng, ngaca bareng, pilih sikat gigi sesuai warna dan karakter favoritnya. Dari sikat giginya aja anak uda bisa senang. Kalau mamanya bisa nyanyi jadi sekalian diajak nyanyi. Jadi benar-benar membuat suasana menyikat gigi itu yang menyenangkan, bukan menakutkan yang sampai dipaksa banget,"

Cara Tasya yang mengajak Si Kecil semangat menyikat gigi melalui aktivitas bernyanyi pun mendapat apresiasi dari Dokter gigi, Andy Wirahadikusumah, SP. Pros. Menurutnya, memutarkan lagu kesukaan si Kecil bisa menjadi cari menyenangkan dan tidak membuat si Kecil bosan. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan rewards jika si Kecil menyikat gigi dengan rajin dan benar.

3 dari 5 halaman

Hindari Makanan Manis dan Lengket

drg. Andy menjelaskan bahwa poin penting dari merawat kesehatan gigi dan mulut adalah menyikat gigi dua kali sehari dengan benar, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Selain itu, banyak perilaku yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Satunya menghindari makanan yang manis dan lengket.

"Kalau ada makananmanis dan apalagi lengket itu harus hati-hati. Segala sesuatu makanan yang susah dibersihkan nanti berpotensi menimbulkan terjadinya karies atau lubang gigi. Apalagi jika menempelnya di bagian gigi yang sulit dibersihkan," jelasnya.

drg. Andy menekankan setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, jangan sampai lupa sikat gigi dengan cara baik dan benar, dan juga berkumur agar hasil lebih maksimal.

"Anak-anak umur 1-6 tahun sebaiknya dihindari makanan ataupun minuman yang manis. Kalau memang makan makanan yang manis, selesainya segera berkumur-kumur dan sikat gigi dengan cara yang baik dan benar," tambah drg. Andy.

4 dari 5 halaman

Praktek Sikat Gigi Serempak Secara Virtual

Di akhir segmen talkshow, drg. Andi dan Tasya Kamila lantas mengajak penonton terpilih di rumah untuk merayakan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia secara virtual, dengan melakukan sikat gigi yang benar bersama-sama. Dengan alat peraga berupa anatomi gigi dan mulut, drg. Andi mencontohkan cara menyikat gigi yang benar. Mulai sikat gigi dan gusi bagian samping kanan dan kiri, depan, hingga bagian dalam. Lakukan dengan gerakan naik-turun sebanyak 8 kali di setiap bagian, termasuk gigi di bagian rongga mulut atas dan bawah.

"Membersihkan gigi harus dengan cara yang benar. Sikat dua kali kali sehari, kalau caranya benar itu sudah cukup efektif. Pertama-tama harus diingat gigi ini ada 3 permukaan, yakni permukaan depan, permukaan di belakang, kemudian permukaan kunyah. Ini semua harus tersikat," kata drg. Andy.

Di masa pandemi, drg. Andy mengajak masyarakat untuk menerapkan 6M bukan hanya 5M saja. M tambahan yang dimaksud adalah menyikat gigi dua kali sehari.

"Sekarang tambahkan satu lagi jadi 6M yakni Menyikat gigi dua kali sehari. Pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Jangan lupa menghindari makan yang manis serta berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali," pesan drg. Andy.

Rutin periksa ke dokter gigi jadi hal penting dalam merawat gigi dan mulut sekaligus membiasakan diri agar si kecil tidak takut dengan dokter gigi.

"Jadikan dokter gigi sebagai teman si kecil supaya anak-anak tidak takut berkunjung ke dokter gigi, dibiasakan sejak dini dan kalau ada lubang-lubang yang tidak kasat mata bisa terdeteksi sejak dini dan bisa langsung ditangani sebelum menjadi lebih parah," ujarnya.

Untuk konsultasi Konsultasi Online Gratis dengan dokter gigi, chat ke 08788876880 atau klik di sini.

5 dari 5 halaman

Pesan Rizky Febian di World Oral Health Day

Puncak Festival Senyum Pepsodent dimeriahkan dengan penampilan spesial dari Rizky Febian. Deretan lagu-lagu hits dinyanyikannya, mulai dari Reuni, Nona, Seperti Kisah, Cuek, Mantra Cinta hingga Kesempurnaan Cinta yang tak kalah fenomenal. Penyanyi muda berbakat ini pun tak lupa untuk mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia.

"Merayakan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut, Kiki harap semua sehat dan aman. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan sikat gigi setelah makan pagi dan malam hari sebelum tidur. Karena ternyata, jika kesehatan gigi tidak dijaga dengan baik bisa berdampak pada masalah-masalah kesehatan lainnya," ujari Rizky Febian.

Untuk rangkaian acara detail saksikan Festival Senyum Pepsodent bertajuk "Senyum Sehat untuk Hidup yang Lebih Sehat" lewat video di bawah ini. Selamat menyaksikan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini