Sukses

Dokter: Minum Air Saat Sebelum Olahraga Penting

Jika sebelum olahraga tidak minum air akan membuat kerja jantung menjadi berat

Liputan6.com, Jakarta - Dokter kedokteran olahraga yang juga sukarelawan American Heart Association John Batson, mengatakan, minum air sebelum berolahraga atau berjemur adalah langkah pertama yang penting.

Menurut Batson jika hal ini tidak dilakukan akan membuat kerja jantung lebih berat. Selain itu, dia juga tidak merekomendasikan untuk meminum jus buah, soda, atau minuman manis lainnya lantaran dapat memperberat kerja pencernaan.

Minuman yang mengandung kafein juga sebaiknya dihindari karena bertindak sebagai diuretik dan menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan.

“Lebih sehat minum air saat berolahraga, lalu setelah selesai, makan camilan sehat seperti irisan jeruk, pisang, atau segenggam kecil kacang tawar,” kata Batson.

Selain itu, sumber air lainnya adalah buah-buahan dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi. Sementara, minuman olahraga dengan elektrolit lebih dianjurkan untuk orang yang melakukan olahraga intensitas tinggi dan berat dalam cuaca panas.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjaga Hidrasi Tidak Hanya Untuk Olahraga

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi tidak hanya untuk aktivitas fisik atau olahraga. Saat duduk di bawah sinar matahari, meski sedang tidak berolahraga, tubuh juga membutuhkan lebih banyak cairan. Menjaga hidrasi juga penting ketika sedang bepergian.

“Anda mungkin berkeringat secara berbeda jika Anda berada di iklim yang berbeda,” kata Batson.

Pada orang dengan penyakit jantung, berusia lebih dari 50 tahun, atau obesitas mungkin juga harus mengambil tindakan pencegahan ekstra.

Minum air yang cukup membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini membuat jantung lebih mudah memompa darah melalui pembuluh darah ke otot dan ini membantu otot bekerja secara efisien.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.