Sukses

Dokter: Pemenuhan Nutrisi Jadi Langkah Dasar Jaga Imunitas Anak

dr. Calinda Nekawaty, Medical Expert Combiphar mengatakan pemenuhan nutrisi melalui bahan-bahan alami dapat menjaga imunitas anak ketika menghadapi cuaca tertentu, juga mampu mempercepat pemulihan dan mencegah terserang kembali penyakit yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Selain memperkuat imunitas anak melalui olahraga, istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan, penting untuk memerhatikan pemenuhan asupan nutrisi bagi tubuh anak. Karena, nutrisi menjadi unsur mendasar dan yang paling utama dalam menjaga imunitas anak.

Menjaga imunitas dapat dilakukan melalui konsumsi buah dan sayur, juga bahan alami yang mampu melindungi tubuh anak dari penyakit.

“Selain melalui konsumsi buah, sayur, daging dan kacang-kacangan, terdapat bahan-bahan alami dengan kandungan vitamin dan mineral yang dipercaya dapat menjaga kesehatan dan memelihara daya tahan tubuh anak, seperti madu, temulawak, kurma dan juga meniran,” Ujar dr. Calinda Nekawaty, Medical Expert Combiphar, pada Virtual Media Briefing Combiphar Health Desk, Selasa (23/02/2021).

Pemenuhan nutrisi melalui bahan-bahan alami tersebut selain dapat berperan menjaga imunitas anak ketika menghadapi cuaca tertentu, tetapi juga mampu mempercepat pemulihan dan mencegah terserang kembali penyakit yang sama.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat dibalik Madu, Temulawak, Kurma, dan Meniran

  • Madu, kaya akan kandungan vitamin, zat besi dan seng sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki demulcent effect yang dapat meredakan batuk.
  • Temulawak, aktivitas antioksidan temulawak yang berasal dari kurkumin lebih tinggi dari vitamin C dan dapat meningkatkan respon imun tertentu dan juga membantu memperbaiki nafsu makan.
  • Kurma, dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), dan folat (B9), lebih tinggi dari buah-buahan seperti apel dan jeruk. Vitamin B memiliki manfaat mampu menjaga 
  • Phyllanthi (Meniran), memiliki sifat imunomodulator yang mengaktifkan limfosit T dan B yang memainkan peran penting pada imunitas.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Gejala COVID-19 pada Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.