Sukses

Vaksinasi COVID-19 Drive-Thru Bogor Berjalan Lancar, Jokowi: Harap Diperluas

Guna mempercepat vaksinasi COVID-19 nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar pelayanan vaksinasi drive thru diperluas ke berbagai daerah.

Liputan6.com, Jakarta Guna mempercepat vaksinasi COVID-19 nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar pelayanan vaksinasi drive-thru diperluas ke berbagai daerah.

Harapan ini diutarakan Presiden saat ia meninjau langsung Pos Vaksinasi Drive-Thru di GOR Pajajaran Kota Bogor, Jawa Barat pada 19 Maret 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Co-CEO Gojek Kevin Aluwi dan CEO & Co-Founder Halodoc Jonathan Sudharta.

Saat meninjau, Presiden mengapresiasi konsep drive-thru yang diterapkan pada pos vaksinasi hasil kolaborasi Halodoc dan Gojek ini.

“Saya sudah melihat proses vaksin yang seperti tadi. Berjalan lancar, proses administrasi, pendaftaran, skrining dan vaksinasinya. Model-model seperti ini diharapkan bisa dilakukan di kota-kota lain, provinsi lain sehingga dapat mempercepat proses program vaksinasi di Tanah Air,” ujar Jokowi mengutip keterangan pers.

Pos vaksinasi di GOR Pajajaran ini baru diresmikan pada 17 Maret 2021 oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

"Baru saja Presiden melihat langsung pelaksanaan pos vaksinasi dengan metode drive-thru. Keberadaan pos vaksinasi ini sesuai dengan arahan beliau yang meminta segenap elemen bangsa untuk terlibat aktif untuk menyukseskan program vaksinasi yang bertujuan menekan penyebaran COVID-19,” kata Bima.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Pos Vaksinasi Drive-Thru

Pos vaksinasi drive-thru adalah program kolaborasi antara Gojek, Halodoc, dan Pemerintah. Dengan cara ini, orang-orang dapat divaksinasi dengan lebih praktis langsung di dalam kendaraannya.

CEO dan Co-Founder Halodoc, Jonathan Sudharta menjelaskan bahwa pos vaksinasi drive-thru di Bogor ini merupakan lokasi ketiga setelah dua pos lainnya di Jakarta dan Cengkareng.

Total, terdapat lebih dari 25.000 masyarakat yang telah terkonfirmasi untuk divaksin dengan 15.000 di antaranya telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama melalui fasilitas yang disediakan.

“Hal ini menjadi bukti komitmen berkelanjutan kami untuk selalu mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi COVID-19,” kata Jonathan.

Ia menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk dapat memperluas jangkauan pos vaksinasi jangka panjang ini di berbagai kota di Indonesia agar lebih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki akses aman dan praktis untuk vaksinasi COVID-19.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi, dalam keterangan pers yang sama mengatakan bahwa kunjungan Presiden tidak dimaknai sebagai bentuk simbolis semata, melainkan sebagai bentuk kepercayaan dan motivasi bahwa anak bangsa harus dan mampu berkontribusi nyata dalam mendukung percepatan vaksinasi COVID-19.

“Bukan hanya siap berkontribusi melalui teknologi dan infrastruktur, kami juga berkomitmen untuk terus melakukan edukasi, sosialisasi, dan implementasi protokol kesehatan di berbagai layanan dan seluruh bagian ekosistem kami,” tutup Kevin.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.