Sukses

Gubernur Ridwan Kamil : Boleh Mudik Asalkan Terapkan Prokes

Ridwan Kamil mengatakan bahwa pada dasarnya saat ini aktivitas apapun, termasuk mudik Lebaran, diperbolehkan selama disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan warganya boleh melaksanakan perjalanan mudik Lebaran. Syaratnya harus mengikuti protokol kesehatan.

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil, menanggapi keputusan pemerintah pusat yang membolehkan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini. Ridwan Kamil mengatakan bahwa pada dasarnya saat ini aktivitas apapun diperbolehkan selama disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Pada dasarnya apapun sekarang boleh asal 3M," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan resminya ditulis Kamis, 18 Maret 2021.

Alasan Ridwan Kamil ikut melaksanakan keputusan mudik Lebaran ini, karena ada perbedaan kondisi terkait penanganan COVID-19 antara tahun 2021 dengan tahun lalu. Kelebihan tahun ini pemerintah memiliki teknologi pengetesan antigen yang tidak ada di tahun 2020. Sehingga pengetesan bisa dilakukan dengan cepat baik dalam perjalanan maupun di tempat tujuan. Stok Antigen hingga PCR saat masih melimpah.

"Kelebihan tahun 2021 dibanding tahun 2020 ada dua yaitu kita punya teknologi antigen yang melimpah untuk pengetesan di jalan, dulu kan tidak ada, PCR juga melimpah," kata Ridwan Kamil.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Gencar Dilakukan

Selain itu kegiatan vaksinasi sudah gencar dilakukan di berbagai daerah. Sehingga ucap Ridwan Kamil, tidak alasan untuk mempermasalahkan silaturahim mudik Lebaran dilakukan tahun ini dengan catatan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menghindari potensi penularan.

"Jadi saya tidak masalah silaturahim mudik dibolehkan asal saat ketemu di kampung dan diperjalanan hindari potensi penularan dengan disiplin prokes," sebut Ridwan Kamil. (Arie Nugraha)

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.