Kelola Stres dan Cemas dengan Positive Self-Talk

Oleh Liputan6.com pada 22 Mar 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 22 Mar 2021, 07:00 WIB
Mengelola Stres dengan Bijak
Perbesar
Ilustrasi Mengelola Emosi Credit: pexels.com/Grin

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa studi menunjukkan, berbicara positif pada diri sendiri atau positive self-talk terbukti mampu membantu seseorang mengelola stres. Positive self-talk juga mampu meningkatkan kepercayaan diri dan membantu membatasi emosi negatif.

Selain mengelola stres, dikutip dari Boldsky, orang-orang yang melakukan positive self-talk memiliki keterampilan mental yang memungkinkan mereka memecahkan masalah dengan lebih efisien dan efektif. Pada akhirnya, orang-orang yang melakukan positive self-talk akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Kesehatan mental dan fisik memang saling berkaitan. Selain baik untuk kesehatan mental, beberapa penelitian lain menunjukkan positive self-talk dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Positive self-talk pun telah banyak digunakan para atlet sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja mereka. Hal ini membuat mereka lebih bertenaga ketika melakukan aktivitas fisik.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memulai Positive Self-Talk

Menjaga Emosi dan Menyebarkan Optimisme
Perbesar
Ilustrasi Semangat Optimisme Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Untuk memulai positive self-talk, hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah, mengenali pikiran negatif dan berusaha mengubahnya menjadi pikiran positif. 

Setelah itu, mulai dengan tidak menyalahkan atau merendahkan diri sendiri. Alih-alih menyalahkan diri sendiri, cobalah untuk memberikan selamat kepada diri sendiri karena telah mencoba. Kemudian, motivasi diri sendiri untuk melakukan yang lebih baik di kesempatan lain.

Membuat diri bahagia juga penting menciptakan suasana positif. Anda bisa mencoba menonton video lucu, bermain dengan hewan peliharaan dan yang tak kalah penting menghindari orang-orang yang memberikan dampak negatif. 

Membaca kutipan positif atau gambar yang menginspirasi juga dapat dilakukan sebagai langkah untuk memberikan afirmasi positif pada diri sendiri.

Kebiasaan positive self-talk juga perlu dievaluasi apakah hal tersebut membantu Anda mengelola stres atau justru memberikan pengaruh negatif.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak juga video berikut

Lanjutkan Membaca ↓