Sukses

5 Tips Dampingi Anak Jelang Ujian Sekolah

Ahli gizi, Pooja Makhija, memberikan 5 tips nutrisi saat anak ujian. Pemenuhan nutrisi anak dimulai dari meningkatkan konsumsi sayuran hijau hingga protein.

Liputan6.com, Jakarta - Apabila persiapan ujian dengan belajar telah dilakukan oleh anak, tak ketinggalan asupan nutrisi juga penting untuk mendukung dia. 

Ahli gizi, Pooja Makhija, memberikan tips nutrisi yang dapat membantu anak dalam mempersiapkan ujian. Pemenuhan nutrisi anak dimulai dari meningkatkan konsumsi sayuran hijau hingga protein, dilansir dari ndtv.

Berikut beberapa saran Pooja:

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sayuran Berdaun Hijau Tua

Bayam, brokoli, selada dan kangkung adalah sayuran berdaun hijau tua yang merupakan sumber zat besi baik. Sayuran tersebut mampu meningkatkan kadar hemoglobin yang dapat meningkatkan kewaspadaan.

 

3 dari 7 halaman

2. Makanan Kaya Protein

Produk olahan kedelai, telur, susu, ikan, kacang, ayam, biji-bijian, lentil, dan polong-polongan adalah contoh makanan yang kaya protein. Makanan ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan juga membantu meningkatkan fokus serta energi.

4 dari 7 halaman

3. Hindari Makanan Manis Sebelum Ujian

Mengonsumsi makanan manis sebelum ujian dapat merusak kadar gula dalam darah. Hal ini dapat menjadi penyebab anak-anak lupa apa yang telah mereka pelajari.

5 dari 7 halaman

4. Tidur Selama 7 hingga 8 Jam

Tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap hari membuat tubuh mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tidur juga membawa manfaat untuk memperkuat ingatan. Selain itu, tidur yang cukup juga membuat konsentrasi dan fokus menjadi lebih baik.

6 dari 7 halaman

5. Cukupi Konsumsi Air Tubuh

Mengonsumsi air minimal dua liter sehari. Selain membuat tubuh terasa lebih energik, tetapi juga mencegah terjadinya kram selama ujian.

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
7 dari 7 halaman

Infografis Manfaat Tidur Cukup Mencegah Risiko Penularan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.