Sukses

Kemenkes: 4 Kasus COVID-19 Varian B117 Sudah Sembuh dan Dalam Keadaan Sehat

Selain dua warga Karawang, diketahui varian virus Corona B117 juga menjangkiti empat orang lain di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Selain dua warga Karawang, diketahui varian baru virus Corona B117 juga menjangkiti empat orang lain di Indonesia. Seperti disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, kerja sama laboratorium kementerian yang dipimpinnya bersama Kemenristek/BRIN telah mengidentifikasi dan mengonfirmasi menemukan empat kasus baru varian B117.

"Soal varian baru yang dari London, Inggris, di luar dari yang dua kasus kemarin ya, sudah kita identifikasi juga lainnya. Hasil kerja sama laboratorium antara Kemenkes dengan Kemenristek/BRIN menemukan 4 lagi yang terkonfirmasi varian tersebut," ungkap Budi saat konferensi pers Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Tahap 3, Senin (8/3/2021).

Keterangan serupa juga didapat dari Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Siti mengatakan, keempat kasus tersebut berasal dari empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Nadia yang juga Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 menjelaskan, keempat kasus B117 itu menunjukkan gejala ringan dan sedang serta sudah dinyatakan sembuh.

"Kami sampaikan kembali, keempat kasus dengan varian B117 ini, saat ini sudah sembuh dan mereka sudah menjalani pengobatan dan tata laksana, karena pada saat awal pemeriksaan PCR mereka dinyatakan positif," tutur Nadia, dikutip dari keterangan pers yang disiarkan akun Youtube Kementerian Kesehatan RI, Senin, 8 Maret 2021.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Keluarga yang Positif Terinfeksi

Keempat kasus tersebut, kata Nadia, sebagian menjalani isolasi mandiri dan sebagian lainnya menjalani perawatan di rumah sakit dengan gejala ringan hingga sedang.

"Sehingga tidak ada kondisi yang cenderung berat bahkan membutuhkan perawatan ICU," jelasnya.

Selain itu, hasil pelacakan terhadap empat kasus varian B117 itu menunjukkan, tidak ada anggota keluarga atau pun kontak erat yang kemudian positif. Sedangkan keempat kasus varian B117 saat ini juga dalam kondisi sehat.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.