Sukses

Tambah 4 Orang Terinfeksi Varian Virus Corona B117, Menkes Budi: Kami sedang Surveilans

Tambah 4 orang terinfeksi varian virus Corona B117, Menkes Budi sampaikan pihaknya sedang lakukan surveilans.

Liputan6.com, Jakarta - Adanya penambahan 4 orang yang terinfeksi varian virus Corona B117, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pihaknya sedang melakukan surveilans terhadap kontak erat. Upaya ini sebagai tindak lanjut temuan tersebut.

"Untuk tindak lanjutnya terhadap keempat yang positif dari varian virus Corona B117, kami sedang melakukan surveilens terhadap kontak erat mereka," ujar Budi saat konferensi pers Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Tahap 3 pada Senin, 8 Maret 2021.

"Dan ini sedang kami kejar agar (kontak erat yang ada) bisa segera dites dan dikirim hasil Whole Genome Sequencing (WGS)--pengurutan genom virus."

Temuan keempat orang positif COVID-19 dari varian virus Corona B117 , yaitu satu orang di Palembang, Sumatera Selatan yang dilaporkan 11 Januari, satu lagi ada di Kalimantan Selatan laporan 6 Januari.

Selanjutnya, satu orang di Balikpapan, Kalimantan Timur laporan 12 Februari serta yang orang keempat ada di Medan, Sumatera Utara laporan 28 Januari 2021.

"Keempatnya ini sudah sembuh dan keluar isolasi/karantina," lanjut Budi Gunadi.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Identifikasi Temuan 4 Orang Terinfeksi Varian Virus Corona B117

Laporan temuan 4 orang yang terinfeksi varian Virus Corona B117 merupakan hasil identifikasi Kementerian Kesehatan dan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. Temuan ini tambahan selain laporan dua warga Karawang, Jawa Barat yang terinfeksi varian B117.

"Soal varian baru (virus Corona B117) yang dari London, Inggris ini, di luar dari yang dua (warga) kemarin, sudah kami identifikasi juga lainnya," tambah Budi Gunadi.

"Hasil kerja sama laboratorium antara Kemenkes dengan Kemenristek/BRIN sudah menemukan 4 lagi yang terkonfirmasi (varian B117)."

Adapun dua warga Karawang yang terinfeksi varian virus Corona B117 setelah kembali dari Arab Saudi, lanjut Budi, kini mereka sudah dinyatakan sembuh dan tidak menularkan virus. Mereka sudah pulang ke tempat tinggalnya.

"Untuk warga kita yang datang dari Arab Saudi itu semua kontak eratnya sudah dites dan negatif. Alhamdulillah, karantina di airport Soekarno-Hatta cukup baik, sehingga begitu mereka positif, diisolasi/karantina dulu," terangnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Waspada Varian Corona B117 Terdeteksi di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.