Sukses

Gerakan Sederhana untuk Mengatasi Sakit Punggung dari Rumah

Penyebab paling sering dari sakit punggung yaitu salah posisi. Entah posisi ketika duduk, berdiri, atau mengangkat barang, terutama barang yang berat.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang pernah merasakan sakit punggung. Bila berlangsung terus-menerus, keluhan itu tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bukan? Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa mengganggu tidur Anda karena sakit punggung yang tidak hilang 

Sakit punggung merupakan pertanda ada yang salah dengan tulang belakang Anda. Penyebab paling sering dari sakit punggung yaitu salah posisi. Entah posisi ketika duduk, berdiri, atau mengangkat barang, terutama barang yang berat. Untuk menghindari nyeri punggung akibat salah posisi, Anda perlu duduk dan berdiri dengan tegak. Usahakan untuk selalu menahan berat badan pada kedua kaki.

Namun jika sakit punggung yang muncul tiba-tiba, Anda jangan langsung panik. Dengan melakukan gerakan sederhana di rumah, Anda bisa mengatasi rasa sakit punggung. 

Menenangkan Tulang Belakang

 

 

 

Saat mengalami sakit punggung yang perlu Anda lakukan pertama adalah dengan menenangkannya terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan gerakan seperti ini:

  1. Duduk di lantai dengan kaki lurus di depan.
  2. Gulung handuk atau selimut yang kemudian diletakkan di bawah lutut.
  3. Kemudian letakkan bantal di kaki.
  4. Setelah itu, lengkungkan tulang belakang, dan tekuk tubuh Anda ke depan hingga kepala menyentuh bantal.
  5. Diamkan posisi seperti ini selama 5 menit.

Dengan melakukan gerakan atau pose ini, akan membantu Anda melepaskan ketegangan pada otot-otot punggung, kejang, dan bisa mengembalikkan keselarasan tulang belakang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meregangkan Otot

Setelah itu, Anda bisa meregangkan otot dengan melakukan gerakan seperti berikut ini:

  1. Duduk di lantai dengan lutut ditekuk.
  2. Seimbangkan bokong Anda, kemudian angkat kedua kaki dan silangkan kaki kiri di atas kaki kanan.
  3. Pegang kaki kiri dengan tangan kanan dan kaki kanan dipegang dengan tangan kiri.
  4. Bawa kedua kaki tersebut ke arah tubuh Anda sedekat mungkin.
  5. Tahan posisi ini selama 1 – 2 menit, lalu kembali ke posisi awal dan ulangi di sisi yang lain.

Dengan melakukan gaya seperti ini, setidaknya Anda bisa meregangkan otot yang tegang di bagian tubuh dan dapat mengurangi sakit punggung. Biasanya otot menjadi tegang dikarenakan terlalu banyak bekerja yang menggunakan bagian punggung.

 

3 dari 3 halaman

Meregangkan Otot Psoas

  1. Berbaring terlentang dengan kaki lurus dan lengan diletakkan di samping.
  2. Letakkan bantal di bawah panggul.
  3. Biarkan punggung bagian bawah rileks.
  4. Diamkan posisi ini selama 5 menit.

Otot psoas ini melakukan banyak pekerjaan guna membantu menstabilkan tulang belakang Anda. Kalau bagian otot ini bekerja terlalu banyak dan tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka Anda akan mengalami sakit punggung di bagian bawah.

Senam Peregangan

 

Untuk mengatasi sakit punggung, Anda juga bisa melakukan senam peregangan Neuromove yakni latihan fisik yang didesain secara khusus untuk mengaktifkan sel-sel saraf, seperti gerakan menyilang batang tubuh, koordinasi bola mata, tangan, kaki, keseimbangan, dan fokus pada gerakan stretching yang dapat menghindari cedera dan mencegah gejala neuropati. Dengan saraf yang sehat, tentunya akan membantu Anda beraktivitas dengan lebih maksimal.

Jika sakit punggung terasa semakin berat dan sering terjadi, Anda harus segera berkonsultasi pada dokter.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini