Sukses

Kemkes: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Tak Pengaruhi Efektivitas Vaksin

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, adanya mutasi virus Corona hingga saat ini di Indonesia tidak mempengaruhi keefektivan vaksin.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, adanya mutasi virus Corona hingga saat ini di Indonesia tidak mempengaruhi efektivitas vaksin.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah vaksin yang telah diproduksi dan digunakan menjadi tidak bisa digunakan pada varian baru ini.

"Sampai saat ini vaksin yang digunakan untuk penanggulangan virus masih sangat efektif tentunya tidak akan terpengaruh mutasi virus COVID-19 varian baru B.1.17," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (8/3/2021).

Nadia menyampaikan, mutasi virus corona B.1.17 asal Inggris diketahui masuk ke Indonesia lewat pelaku yang datang dari luar negeri. Meski karakteristik B.1.1.7 ini lebih menular, namun WHO belum mendapat laporan yang membuktikan bahwa mutasi virus corona ini lebih tinggi tingkat keganasannya.

"Penelitian di negara lain menemukan, virus lebih cepat menular tapi tidak lebih mematikan. Ini karena virus tersebut lebih mudah masuk ke dalam sel sasaran sehingga penulrannya lebih cepat daripada varian yang lama," jelasnya.

Demi menghindari penularan varian virus Corona, Siti Nadia berharap masyarakat semakin waspada dan mengimbau untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan), mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.