Sukses

Pemicu Masalah Psikis pada Pasien COVID-19 Saat Jalani Perawatan

Masalah psikis pasien COVID-19 di RS Darurat Wisma Atlet terjadi karena penyesuaian lingkungan perawatan. Bila biasanya berada di rumah, harus menyesuaikan diri di tempat baru.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah psikis pasien di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet biasanya terjadi karena penyesuaian lingkungan perawatan. Bila biasanya berada di rumah, harus menyesuaikan diri di tempat baru. Hal ini dapat memicu gangguan kecemasan dan perubahan kondisi suasana hati seperti disampaikan Tim Psikolog RS Darurat Wisma Atlet, Desi Wulansari.

Perubahan aktivitas signifikan dirasakan oleh pasien COVID-19 yang terbiasa bekerja setiap hari. Mereka merubah aktvitas itu dengan beristirahat tanpa kegiatan berat. 

Selain itu, perubahan lingkungan tempat tinggal ikut mempengaruhi kondisi psikis pasien. Ketika di rumah sakit mereka harus berada di dalam satu ruangan dengan orang asing. Kondisi ini dapat memicu kecemasan dan suasanan hati depresif pada pasien.

Kecemasan itu juga datang dari ketidaktahuan mereka mengenai penyakit yang sedang diidapnya, atau selalu memikirkan kapan dapat kembali ke rumah. Lalu, apabila untuk kasus positif satu keluarga, perasaan cemas muncul ketika keluarga yang lain telah sembuh dan diperbolehkan kembali ke rumah sedangkan yang lainnya belum.

Namun, pada kasus yang cukup berat pasien harus mendapatkan penganan khusus dari tenaga psikolog. Penanganan oleh psikolog ini juga beragam bentuknya, ada yang membutuhkan bantuan dari awal masuk hingga keluar dari RS namun ada juga yang hanya memerlukan satu atau dua kali konseling. 

“Untuk kasus yang cukup berat, kita harus mendampingi dari awal masuk Wisma Atlet hingga pulang. Tetapi, ada juga pasien yang memerlukan satu atau dua kali konseling saja sudah cukup,” kata Desi.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Senam Rutin

 Salah satu cara penyegaran yang juga mendukung kesehatan mental dengan ada kegiatan senam rutin.

“Ketika pasien kehilangan semangat, otomatis mereka tidak mau beraktivitas, hanya di kamar, akhirnya merasa sendirian. Tetapi ketika diisi dengan kegiatan olahraga senam bersama, meskipun mereka sakit, mereka akan merasa memiliki teman, memiliki support," katanya.

Namun, ketika bertemu pasien-pasien lain yang mampu berolahraga hal tersebut memicu semangat baru. Layanan psikologis di Wisma Atlet sendiri, sudah dihadirkan lima tenaga psikolog khusus untuk menangani dokter, perawat, maupun pasien COVID-19 yang membutuhkan.

 

 

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
3 dari 3 halaman

Infografis Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.