Sukses

Sempat Turun 6 Pekan Berturut-turut, WHO Sebut Kasus COVID-19 di Dunia Naik Lagi

WHO kembali mengingatkan negara-negara dan masyarakat di dunia untuk tidak mengandalkan vaksin saja, untuk menghadapi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa setelah beberapa pekan jumlah infeksi virus corona dilaporkan menurun, peningkatan kasus COVID-19 kembali terjadi di dunia.

"Dalam sepekan terakhir, jumlah kasus COVID-19 yang dilaporkan meningkat untuk pertama kalinya dalam enam pekan," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi persnya pada Senin (1/3/2021).

"Anda ingat saya melaporkan bahwa virus menurun selama 6 pekan berturut-turut, tetapi untuk pertama kalinya dalam tujuh pekan, kita mengalami peningkatan," kata Tedros seperti dikutip dari laman resmi WHO.

Tedros mengatakan, kasus COVID-19 dilaporkan meningkat di empat dari enam wilayah WHO yaitu Amerika, Eropa, Asia Tenggara, dan Mediterania Timur. Sementara di Afrika dan Pasifik Barat tidak dilaporkan lonjakan kasus.

"Ini mengecewakan, namun tidak mengejutkan," kata Tedros.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Hanya Mengandalkan Vaksin

Tedros menyebut bahwa WHO saat ini sedang berupaya untuk lebih memahami tentang peningkatan transmisi ini.

"Beberapa di antaranya tampaknya karena pelonggaran langkah kesehatan masyarakat, sirkulasi varian yang berkelanjutan, dan orang-orang yang lengah," kata peneliti kesehatan masyarakat asal Ethiopia tersebut.

WHO pun kembali menegaskan bahwa meski vaksin memang tetap membantu menyelamatkan nyawa, tetapi cara itu bukan satu-satunya yang harus diandalkan.

"Jika negara hanya mengandalkan vaksin, mereka membuat kesalahan," Tedros berujar. "Langkah-langkah kesehatan masyarakat mendasar tetap menjadi dasar dari respon tersebut."

Dia mengingatkan bagi otoritas kesehatan, langkah-langkah tersebut berarti pengujian, penelusuran kontak, isolasi, serta karantina yang didukung dengan perawatan berkualitas.

Sementara bagi masyarakat dan individu, langkah pencegahan berarti menghindari keramaian, menjaga jarak secara fisik, menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker, serta menjaga ventilasi udara.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.